KANAL 4Event


JIP - Pesatnya perkembangan dunia off-road ditandai dengan munculnya wajah-wajah baru dalam kompetisi. Namun sayang, belum ada wadah khusus bagi para off-roader ‘hijau’ ini.

Karena itulah, pada 14 Mei lalu di Jakarta Garden City, Jakarta Timur, digelar Cakram 4x4 Fun Off-road, yang difokuskan sebagai wadah off-roader pemula. “Kita memberi perhatian khusus pada off-roader dan calon off-roader. Kami mencoba mengumpulkan mereka dalam suatu wadah tersendiri,” tutur H Ishak Tohir, salah satu pengasuh komunitas Cakram.

Menurut pria yang akrab disapa Haji Is itu, off-roader pemula akan lebih berminat jika lawan tandingnya dinilai setara. “Jika bertanding dengan lawan yang satu level, akan menarik minat off-roader muda yang mungkin saja minder dengan para seniornya, yang lebih berpengalaman dan memiliki besutan lebih canggih.”

Namun begitu, event ini pun terbuka lebar bagi off-roader senior. Agar off-roader baru lebih bersemangat, panitia membuka kelas khusus yang membuat pertarungan lebih adil. Spesifikasi kendaraan dibatasi, termasuk jenisnya, yakni Jimny. Maklum, mayoritas pemula membesut Jimny. Maka jip mungil ini harus dalam kondisi standar, sesuai spesifikasi pabrik (lihat boks).


Kendati demikian, para senior dibolehkan berhadapan dengan juniornya dalam kelas standar ini. “Ini membangkitkan semangat, khususnya bagi pemula untuk belajar langsung dari para seniornya dengan kendaraan yang sepadan,” papar Erwin yang banyak berurusan dengan desain trek.

Sebanyak 64 starter tercatat meramaikan event sehari ini, 17 di antaranya menjadi pemegang kartu start kelas standar. Walau tampak sedikit, kelas standar ini tidak kehilangan pesonanya. Beberapa off-roader senior yang kerap membawa kendaraan full spec, kewalahan menjinakkan sebuah Jimny standar. “Wah kayak belajar nyetir off-road lagi dari awal,” kekeh Totok Brewok, salah seorang off-roader senior. “Dengan ini, skill mengemudi benar-benar terasah,” lanjut pria ramah ini.

Walau kelas standar didominasi muka-muka lama, namun di luar dugaan muncul satu nama baru yang ikut bercokol di podium. Dia adalah Alfonero, yang membuktikan bahwa pemula pun mampu bersaing dengan para senior. “Ini merupakan surprise tersendiri bagi saya,” seru Alfon.

Sebuah format untuk mencari bibit baru telah terwujud. Begitu pun dengan hasilnya,  yang ternyata melahirkan seorang rooky. Event Cakram 4x4 boleh usai, namun misi pencarian ini jelas belumlah berakhir. Semoga wadah seperti ini dapat menjadi wahana lahirnya bibit-bibit baru off-roader.




Sekilas Trek
1.    Peserta terjauh dipegang oleh Ipung yang datang dari kota Kudus, Jawa Tengah. Pria ramah ini sebenarnya ingin turun di kelas standar, namun regulasi yang berlaku akhirnya ia pun terdampar di kelas unlimited. “Ide kelas standar boleh ditiru nih. Saya akan usulkan pada teman-teman di kota saya untuk membuat lomba dengan regulasi seperti ini,” paparnya.
2.    Setidaknya tiga trek disiapkan. Trek pertama dan dua digunakan untuk kelas standar yang dilepas terlebih dahulu. Sedangkan kelas unlimited diharuskan menyelesaikan tiga trek sekaligus. Kelas unlimited dilepas setelah kelas standar usai. Namun hujan mengguyur trek dan mengubahnya menjadi kubangan dan kolam. Kondisi ini membuyarkan skenario awal. Karena keterbatasan waktu, maka kelas unlimited hanya diberi kesempatan melibas dua trek saja, yakni trek satu dan tiga.
3.    Jimny bergardan Willys yang dibesut Robert HC terhenti setelah menghirup air bercampur lumpur di trek tiga. Andai saja sebuah snorkel dipasangkan, tentu hal yang tidak diinginkan ini akan terhindar.
4.    Julian Johan alias Jeje boleh saja berjaya di kelas unlimited, namun tidak untuk kelas standar. Jeje menuding faktor kesalahan pemilihan ban yang menjadi penyebab kegagalannya naik ke podium kelas standar.
5.    Peserta boleh mengikuti dua kelas sekaligus, dan masing-masing kelas hanya boleh mengantungi satu nomor lambung. Kendaraan kelas standar boleh diturunkan pada kelas unlimited.



Ketentuan kelas standar
1.    Mesin maksimal 1000 cc, berpenggerak roda 4x4
2.    Tidak diperbolehkan mempergunakan traction added seperti locker, limited slip ataupun lock las
3.    Gardan masih bawaan pabrik dan masih menggunakan per daun
4.    Kondisi bodi 75% masih asli desain pabrik
5.    Pintu depan wajib dipasang

Hasil Lomba
Kelas standar limited 1000
1.    Bimo Wicaksana   
2.    Alfonero
3.    Totok Brewok

Kelas unlimited
1.    Julian Johan       
2.    Aditya Pramudito
3.    Yuri Kusweri

Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur


JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
Willys Tubular Custom <br> Jejadian
Willys Tubular Custom
Jejadian
JIP TWITTER FEED
Review Produk