KANAL 4Modifikasi

JIP - Awalnya kebingungan mesti diapakan LJ 80 ini. Karena ingin membuat sesuatu hal yang lain dari biasanya. Akhirnya di kepala Darman tercetus ide untuk bangun Jimny jangkrik pick up. “Kalau restorasi orisinil LJ 80 sih udah biasa, harus bikin sesuatu yang aneh dan satu-satunya di Padang dong!” komentar Darman.

Pertama kali yang harus dicari sudah pasti adalah bak-nya. Ternyata mencari bak belakang lumayan susah. Yang jadi sasaran awal adalah mencomot bak dari motor yang biasa digunakan untuk mengangkut barang, ternyata setelah hitung-hitung bak motor ini ukurannya kekecilan untuk jangkrik.

Terpaksa Darman mencari lagi kabin belakang yang lain. Melalui proses yang lumayan panjang akhirnya diperoleh bak Suzuki Carry Futura yang dianggap ukurannya paling pas. “Tentunya lebar dan panjang bak ini perlu dipotong sedikit agar pas dengan jangkrik,” jelas pengusaha bengkel spesialis gardan ini.

Beres dengan urusan bak, giliran bodi si jangkrik yang harus dipotong. “Yang bikin bingung sih bukan waktu motongannya, tapi gimana caranya ngebuat jangkrik ini terlihat seperti aslinya,” kenang bapak dari 3 orang anak ini. Biar terlihat layaknya jangkrik pick up beneran, pria yang gemar off-road ini menyambungkan seluruh sudut bagian belakang jangkrik yang dipotong ke pilar B.

“Saya termotifasi untuk membangun sesuatu yang belum pernah dipikirkan orang atau yang jarang dibuat, jadi hasil karya saya bisa jadi trend setter di kota Padang. Ya kalau bisa sih buat kebanyakan orang. Hehehehe…,” tutup pria yang gemar menyantap dendeng balado.

Mesin
Karena tidak dipakai untuk kerja berat jeroan mesin masih mengandalkan orisinal-nya. Penambahan power steering cabutan dari Toyota Crown diperlukan agar jadi lebih nyaman digunakan sehari-hari.

Gardan    
Gardan asli LJ80 dipensiunkan. Sebagai gantinya gardan Suzuki Jimny Samurai. Selain ukurannya lebih lebar juga dipercaya mumpuni saat menggunakan ban ukuran 31”.

Interior    
Kebanyakan dalam interior masih mempertahankan aslinya. Hanya pelapisan ulang kulit imitasi pada jok, doortrim, dan deck.


Spesifikasi Teknis
Mesin    
OEM Suzuki LJ80

Transfercase    
OEM Suzuki LJ80

Final Gear    
8:43

Gardan        
Suzuki Jimny Samurai

Suspensi    
OEM (depan), After market (belakang)

Per    `    
OEM

Pelek        
Enkei 4x4

Ban        
GT Savero Komodo  Extreme 31 x 10.5 R15

Bak        
Suzuki Carry Futura

Bumper    
Custom

Bengkel    
Ujang Gardan (UG), Kuranji, Padang
 




JIP [TV]
Infiniti FX37 review
JIP IMAGE
Toyota Land Crusier Prado KZJ78 <br> Berburu Prado KZ
Toyota Land Crusier Prado KZJ78
Berburu Prado KZ
JIP TWITTER FEED
Review Produk