KANAL 4Modifikasi

JIP - Suzuki Jimny bukanlah barang yang asing bagi pasangan yang satu ini. Mungkin telah habis hitungan jari jika bercerita tentang berapa banyak Jimny yang telah dimiliki dan dibangun oleh Wiewied bersama suaminya.“Mulai dari gaya adventure, city slicker hingga gaya speed off-road pernah kami bangun dan miliki,” tutur Wiewied. “Dan sampai detik ini pesona Jimny masih tetap saja merebut perhatian kami,” sambung Boim sang suami.

Namun ketika sebuah Jimny lansiran tahun 1982 kembali berhasil dibeli, malah tak ada sebuah ide atau tema modifikasi yang terlintas di benak keduanya.  “Kami tidak menemukan ide yang benar-benar bisa dikompromikan. Saat itu bener-bener blank alias enggak ada ide sama sekali,” kenang Boim. “Berhubung bahan Jimny sudah tersedia tapi ide belum nongol, maka pertama-tama yang dilakukan adalah melakukan restorasi total. Paling tidak bisa memulihkan kondisi Jimny agar segar kembali,” celotehnya.

Seiring waktu restorasi berjalan sejumlah ide bermunculan. “Tema awalnya adalah sebuah jip adventure, namun kemudian berubah tema menjadi speed,” perinci Wiewied. Saat tema modifikasi yang disepakati di’eksekusi’, kericuhan kembali muncul. “Tiba-tiba saja anakku mengajukan permintaan supaya bikin jip yang nyaman dan ‘manusiawi’. Biar bisa jadi kendaraan harian,” bilang  Boim yang juga pebengkel 4x4 ini.

Namanya juga orang tua permintaan sang anak pun pasti ikut jadi dipertimbangan. “Kami pun berkompromi lagi untuk menggabungkan keinginan-keinginan tersebut. Akhirnya modifikasi nya jadi seperti ini,” senyum Wiewied sembari menunjuk jip berkelir merah ini.

“Like a rolling stone. Ide modifikasi jip ini menggelinding begitu saja seperti batu. Hehehe... Dan yang bikin happy Jimny ini dapat menampung banyak aspirasi baik dariku, suami dan juga putriku,” girang Wiewied. Mungkin bagi sebagian orang tema modifikasi Jimny satu ini cukup membingungkan, namun setidaknya toh cukup membahagiakan bagi Wiwied sekeluarga. 
  
Jip aing kumaha aing! Hehehehe...

Mesin
Mesin F10A 4 silinder SOHC tetap dipertahankan pada tempatnya. Performanya dianggap mencukupi dan sudah hapal seluk beluknya sehingga mudah penanganannya.

Girboks
Girboks 4 speed dirasa kurang pas terutama pada saat kecepatan tinggi. Putaran mesin tertahan di putaran tinggi saat melaju kencang di jalan raya. Sebagai penukarnya girboks 5 speed milik Katana. Tambahan gigi kelima berhasil mengurangi teriakan mesin. Sedangkan tranfercase tetap mempertahankan rasio bawaan asli Jimny SJ410.

Gardan
Gardan depan, maupun belakang tetap mempertahankan bawaan asli kendaraan demikian juga final girnya tetap dengan rasio 4.111 : 1. Racikan girboks, transfercase dan final gir ini dirasakan mewakili feeling mengendarai sebuah Jimny yang gesit.

Interior
Aura  jip moderen terasa  lewat tambahan perangkat interior ala Jimny JB32 hasil kreasi sendiri. Sementara jok diambil dari milik Jimny turbo JA11 yang kemudian dibungkus ulang. Penampilan interior khas Jimny rakitan tahun 1982 pun tak nampak lagi.

Bumper
Bumper depan bergaya pipa dengan desain sederhana namun cukup memberikan kesan sporty. Sepintas merupakan perpaduan kendaraan speed off-road dengan gaya rally.

Mudflapp
Salah satu yang membuat penampilan jip ini sangat menonjol adalah kehadiran satu set mudflapp berkelir putih yang ditambatkan pada bodi dengan menggunakan braket didesain khusus dari bahan pelat aluminium. Bahan mudflapp dari bekas conveyor berwarna hitam yang kemudian dicat ulang warna putih.

Spion
Spion milik Jimny JB32 dipilih lantaran memiliki penampilan yang sporty dan segar. Serta dirasa cocok dan memiliki visibilitas oke untuk memantau kondisi belakang kendaraan.

Ban dan Pelek
Ban berprofil kasar seperti MT atau Extreme sengaja tidak dipilih. Justru tipe ban AT malah dipakai. Lantaran ban tipe seperti ini tak hanya penampilannya saja yang bisa dinikmati tapi juga kenyamanan saat digunakan harian.

Pintu belakang
Pintu belakang copotan Jimny ex Jepang menggantikan pintu bawaan jip ini yang sudah lapuk. Pintu baru ini nampak lebih moderen berkat kehadiran defogger pada kaca belakang.


Spesifikasi Teknis
Mesin: 
4 silinder inline F10A SOHC 970cc OEM SJ410

Sasis: 
Standar OEM SJ410

Bodi: 
Custom OEM SJ410

Transmisi: 
5 speed  manual OEM Suzuki SJ410

Tranfercase: 
2 speed part-time  OEM Suzuki Jimny SJ410

Gardan: 
OEM SJ410

Per: 
Custom

Sokbreker: 
Kayaba

Bumper depan: 
Custom

Pelek: 
OZ Racing 7 x 15

Ban: 
Dunlop Grantrek 235/70 R15

Mudflap: 
Custom

Overfender: 
OEM SJ410

Spion: 
Jimny JB32

Interior  panel: 
Jimny JB32 (repro)

Spare tire hanger: 
Jimny JA12

Pintu belakang: 
Jimny JA11

Jok:
Customized JA11

Bengkel:
AJ4WD
Jl. Poncol Raya No. 3 Pondok Bambu, Jakarta Timur
T: 081928667800

 


Bengkel QUITONK

Spesialis : Jip untuk adventure.

Jl. Gedongsongo No 9, Semarang No Hp 0816663672

Bengkel Speed Off Road & Adventure, 48 CUSTOM

Spesialis : Bodi, mesin, kaki-kaki, interior, rollbar dan tune-up.

Suzuki, Jimny, SJ410, 4x4,
Jl Terusan Pesantren, no 48 Sukamiskin, Bandung Jawa Barat 0813-2038033

Bengkel GLOBAL MOTOR

Spesialis : Ssangyong

Jl. Raya Bambu Apus no. 33A Jakarta Timur Telp : (021) 2937-7947 : 0812-8382-849 : 0877-7585-6657


JIP [TV]
Infiniti FX37 review
JIP IMAGE
Ngoprek Yuuk! <br> Cuci Radiator Plastik
Ngoprek Yuuk!
Cuci Radiator Plastik
JIP TWITTER FEED
Review Produk