KANAL 4Modifikasi

JIP - Umumnya Jimny generasi II versi standar memiliki lebar 1.460 mm dengan panjang 3.430 mm. Tapi buat Wawan Suherman sajian resmi dari pabrikan asal Hamamatsu Jepang ini tidak cukup memuaskannya. Sebenarnya pabrikan mengeluarkan Jimny LWB dengan wheelbase lebih panjang sekitar 25 cm versi standarnya. Toh buat pria yang berprofesi sebagai developer masih dirasa kurang. “Saya menginginkan sebuah Jimny yang lain dari pada yang lain,” ungkapnya.


Dimensi Jimny dambaan Herman harus lebih panjang dan lebar dibanding bawaan pabrik. “Karena tak ada Jimny yang ukurannya sesuai keinginanku maka jalan yang paling logis adalah membuatnya sendiri,” tutur pria pehobi adventure off-road ini. Bentuk keseriusannya ini segera direalisasikan pada ubahan Jimny short wheelbase 1985 miliknya.


Dalam aksinya Herman yang memang gemar otak-atik barang ini segera melepas bodi dari sasis Jimny. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan penyambungan pada bagian sasis belakang. “Sasis tidak ada yang dipotong dan cukup disambung saja sesuai dengan panjang yang diinginkan. Kemudian wheelbase baru kita melarkan dengan menggeser letak hanger per belakaang,” cerocosnya sembari menunjukkan letak braket hanger baru yang terbuat dari pelat setebal 4mm. Sementara untuk overhangnya, ”dibikin dengan ukuran panjangnya antara Caribian dan Jimny biasa. Hehehehe...,”kekehnya.

Setelah hampir menghabiskan waktu selama satu tahun akhirnya proyek ambisius Herman pun selesai sudah. Sebuah Jimny dengan ukuran serba extra dibandingkan dengan ukuran aslinya. Sebutan Jimny XXL (Extra Extra Large) pun disematkan. “Julukan ini diberikan dari teman-teman atau siapapun yang melihat langsung jip ini,” tutupnya.

Mesin
Mesin 970 cc berkode F10A asli bawaan pabrik tetap dipertahankan. Namun demikian, untuk mengimbangi bodinya yang diperbesar, maka mesin pun  perlu sedikit sentuhan. Karburator aslinya ditukar dengan milik Suzuki Futura yang konon mampu memberikan pasokan bbm lebih besar sehingga berguna melahirkan ledakan tenaga  yang lebih besar.


 

Transmisi
Transmisi 5 speed manual bawaan Katana dipilih sebagai pengganti transmisi 4 speed bawaan asli kendaraan. Sedangkan untuk urusan transfercase, pilihan justru milik Jimny Gen III (JB23). Alasannya transfercase milik Jimny 660 ini selain rasionya lebih kasar dibandingkan dengan bawaan SJ410. Selain itu perpindahannya juga lebih halus lantaran menggunakan rantai (drive chain ) sebagai penggeraknya.


Kaki-kaki
Gardan Suzuki SJ413 Samurai  alias JB31 yang tak lain pembuka dinasti Wide di keluarga Jimny dipakai menggantikan gardan asli. Dimensinya lebih lebar sekitar 10 cm dibandingkan dengan gardan standar Jimny.  Untuk suspensi karena tak mau banyak ubahan tetap mempertahankan model per daun.



 

Ban pelek
Pelek besi lansiran Avantec dibalut GT Radial Komodo Extreme 31”. Pelek yang kuat dipadu ban dengan kemampuan traksi yang bagus jadi modal penting menghadapi beragam medan off-road.



 

Bumper depan
Bumper depan diganti dengan bumper custom hasil racikan sendiri. Menyatu dengan bumper alat recovery winch Warn XD9000 ditambahkan.


 

Lampu tambahan
Sepasang lampu tambahan dipasangkan pada tiap-tiap sisi pilar A. Kedua lampu ini dipersiapkan untuk membantu memberikan penerangan terutama saat menembus gelapnya malam.


 

Interior
Dasbor masih mempertahankan bawaan asli kendaraan, namun lantaran terdapat penambahan lebar, maka kemudian panjang dasbor ini pun ditambah 5 cm untuk masing-masing sisinya. Sedangkan untuk joknya masih mempertahankan bawaan asli kendaraan.


Fender
Overfender dirancang ulang dengan mengacu pada bentuk orisinal bawaan kendaraan. Hanya saja ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi yang ada. Jika diperhatikan dengan sungguh-sungguh, ukurannya lebih besar dan lebar dibandingkan dengan bawaan asli kendaraan.


Bodi
Dimensi bodi jip ini tampak lebih besar dan lebar dari sebuah Jimny standar. Bodi bawaan asli Jimny dilebarkan 10 cm dan dipanjangkan kurang lebih 75cm dari spek aslinya. Bertambahnya lebar bodi terlihat dari jumlah lubang grill depan dari 10 menjadi 12. Selain itu posisi lampu utama pun ikut bergeser.


Spesifikasi Teknis


Mesin    
4 silinder inline F10A SOHC 970 cc

Sasis     
Customized dengan diperpanjang bagian belakang

Bodi    
Custom

Transmisi 
5 speed  manual OEM Suzuki SJ410

Tranfercase 
2 speed part-time  OEM Jimny JB23

Gardan      
Jimny JB31

Suspensi 
Custom

Sokbreker 
ProComp

Bumper depan  
Custom

Pelek  
Avantec 7 x 15

Ban    
GT Radial Komodo Extreme 31 x 10.5 x R15

Winch     
Warn XD9000

Overfender  
Custom

Bengkel  
Dikerjakan sendiri

 




JIP [TV]
Infiniti FX37 review
JIP IMAGE
Adventure Sragen Jip Club
Adventure Sragen Jip Club
JIP TWITTER FEED
Review Produk