KANAL 4Modifikasi

JIP - Pemiliknya menamai Series I ini dengan sebutan Si Kotak Sabun

Orang Indonesia seringkali membuat sebutan atau nama yang membuat tersenyum saat mendengarnya. Biasanya ini dipicu beberapa faktor, salah satunya bentuk. Sebut saja Mercedes Benz Kentang untuk 180 Ponton atau Chevrolet Jenggot untuk Chevrolet Viking lansiran 1950-an.

Namun sedikit beda dengan Syamsul Fauzi. Ayah dari Darrel ini dengan jelas menyebut Land Rover Series I miliknya si Kotak Sabun. “Sebutan itu memang lebih dahulu melekat pada Mazda B600. Namun sah-sah saja untuk Landy ini, karena bentuknya serba mengotak,” kekeh suami dari Liza Pietersz ini.

Dalam restorasi, Syamsul tidak terpaku sepenuhnya terhadap buku panduan. “Jika menilik bahannya, sebenarnya si Kotak Sabun orisinal 80%. Namun saya ingin realistis, terutama mengenai kondisi mesin dan drivetrain-nya,” ungkap pria yang juga hobi sepeda motor tua ini.

“Saya nggak mau menanam ‘bom waktu’ dengan mesin asli. Makanya, dengan berat hati saya pinang mesin 2.25 liter milik Series II lengkap dengan transmisi, transfercase serta  gardan,” sambung pria ramah ini. 

Selain mesin, piranti lain ikut diganti. Sebut saja lampu belakang dan pelek yang justru diambil dari Landy Defender.

Kendati beberapa komponen bukan bawaan asli, namun Syamsul tetap mempertahankan penampilan si kotak sabun dengan aura Series I yang kental. Termasuk warna Masai Red yang merupakan khas Series I tahun 1954 hingga 1956 ini. “Sosok Series I nggak boleh luntur,” kekehnya.

           

Mesin            

Mesin  berkapasitas 2.25 liter milik Series II dipasang bulat-bulat menggantikan mesin 2.0 liter bawaan yang memperihatinkan. Namun sebelum dibenamkan, mesin 4 silinder tersebut dioverhaul terlebih dahulu.

Girboks dan transfercase

Girboks 4 percepatan manual dan transfercase 2 speed part-time asli sudah cukup mengenaskan. Memakai peranti Series II yang lebih mint dinilai lebih realistis.

Interior

Aura Series I tetap terjaga, terutama pada interiornya, mulai dari setir banjo, bangku pengemudi dan penumpangnya, hingga instrumen pada dasbor. Cita rasa sebagai Landy generasi awal pun tetap kental.

Gardan

Agar seragam dengan mesin beserta transmisi dan tranfercase, maka gardan pun menggunakan milik Series II. Selain diklaim lebih kokoh, gardan ini menggantikan bawaan asli yang sudah mulai bermasalah.

Freelock hub

Free lock hub langka bikinan Selectro menjadi pengunci roda depan saat mode 4x4 diaktifkan. Collectable item bagi para pencinta Landy klasik.

Ban dan pelek

Perkawinan sedarah antar generasi pun kembali terjadi. Pelek versi militer milik Defender Wolf menggantikan pelek bawaan yang sudah keropos sana-sini. Selain lebih moderen, pelek Wolf juga lebih kokoh dibandingkan pelek kaleng milik Landy lainnya.

Lampu belakang

Percampuran antara klasik dan moderen terekam pada penggunaan lampu sein dan tail gate milik Defender. Ia menggantikan lampu beling orisinal yang tak kunjung ditemukan.

Sein depan

Berbeda kasusnya dengan lampu-lampu pada buritan. Lampu depan jip ini masih mengadopsi orisinal milik Series I. Salah satunya lampu sein yang terbuat dari beling. Asyiknya, lampu utama alias headlampnya pun masih asli racikan Lucas.

Towing

Lansiran Rockinger, dipercayakan sebagai piranti pengait urusan tarik menarik pada bagian belakang jip ini .

Spion

Spion ‘berdoa’ pada fender depan masih diandalkan. Komponen lama yang membuat tampilannya lebih klasik.

 

Spesifikasi

Mesin                            : 2.25 liter 4 silinder inline OEM Series II

Transmisi                      : 4 speed manual OEM Series II

Transfercase                 : 2 speed part-time OEM Series II

Gardan                          : Rover type OEM Series II SWB

Sasis                             : OEM Series I

Bodi                               : OEM Series I

Pelek                             : Wolf 16 inci

Ban                                : Good Year Extra Grip 750 x 16

Freellock hub``              : Selectro

Head lamp                     : Lucas

Signal lamp depan         : OEM Series I

Signal lamp belakang    : Defender

Tailgate                          : Defender

Kanvas                           : Sanuri  (021) 700-222-05

Bengkel                          : Jeep Craft Unlimited

                                        Jl. Raya Bekasi Timur No. 50 km 17

                                        Telp: 081.381.641.314

 

 




JIP [TV]
Infiniti FX37 review
JIP IMAGE
Baby Jeep
Baby Jeep
JIP TWITTER FEED
Review Produk