KANAL 4Modifikasi

JIP - Pemilik Daihatsu Taft F50 1980 yang kerap disapa Iwan Sugi ini memang sejak dulu teramat sayang dengan tunggangannya. “Ini warisan keluarga dan sejak tahun 1982 lalu sudah saya pakai keliling,” alasannya. Mulanya Taft Kebo ini kondisinya belum sekinclong sekarang karena saat itu pemiliknya beranggapan yang penting masih bisa diajak kabur kemana-mana.

Tapi belakangan, ia mulai punya pemikiran lain untuk membangun kembali. Biarpun jip tua tapi kalau penampilannya oke kan pasti banyak yang melirik. Memilih warna yang pas ternyata bukan perkara mudah. “Merah permen kira-kira begitu! Hehehehe...,” bingung Iwan sambil garuk-garuk kepala yang tidak gatal.

Warna pilihan ini terbilang eye-catching karena bikin orang gemas dan ingin mengulumnya. Memang efek inilah yang diinginkan Iwan Sugi karena memudahkannya untuk menarik perhatian orang saat dibawa dagang berkeliling.

Ternyata dandannya tak cukup dengan mengecatnya ulang, mulai bemper depan, belakang dan over fender juga dipermak. Bemper depannya bikin sendiri dengan desain kokoh dan multifungsi. Roller winch pun ternyata sudah bertengger di bemper depan. Eh, ngomong-ngomong mana winch depannya nih? “Disiapin saja dulu, yang penting kan niatnya. He he he…,” cengir Iwan.  

Mesin diesel asli Taft Kebo terasa bolot makanya ditukar. Penggantinya eks mesin Toyota Carina versi JDM berkode 2C-T lengkap dengan transmisi matic. Dengan spesifikasi turbo diesel, lari F50nya ini bak disuntik vitamin C dosis tinggi! “Dapat topspeednya mudah, torsinya juga berlimpah!” bisik pria berperawakan kurus ini.

Pilihan transmisi matik ternyata punya konskuensi kerja ekstra kalau tetap mengaktifkan penggerak 4x4. ”Ah, daripada repot mending jadi the real 4x2 saja! Hahahaha,” kekeh Iwan. Lagipula Taft Kebo ini bakalan lebih banyak dipakai untuk menyusuri jalan aspal. Jadi cuma berpenggerak 2 roda gak masalah yang penting klimis terus.

Menyesuaikan transmisi matik keluaran Toyota gardan belakang pun ditukar milik Toyota Hilux. Rombakan bodi pun menyesuaikan dengan gardan Toyota yang lebih lebar dibanding bawaan aslinya.

Biar bantingan suspensi dirasa lebih nyaman kombinasi sokbreker Rancho RS9000 adjustable di depan dan Doestech Universal di belakang sengaja dipasang. Per daun Jimny (depan) dan per daun Isuzu Panther (belakang) dianggap oke ketika berkolaborasi dengan sokbreker aftermarket.

Selanjutnya upgrade ban dengan Simex Jungle Trekker ukuran 33” dilakukan agar  Taft Kebo ini tak hanya imut tapi juga kekar. Lo? Imut apa kekar sih yang diinginkan?

Teks: Ismail Ashland

Foto: Bimo SS

 

Spesifikasi Teknis

Bodi : Daihatsu Taft F50 1980

Sasis: Daihatsu Taft F50 1980

Mesin : Toyota 2C-T JDM Turbo Diesel + Custom intercooler

Kapasitas: 2.000cc

Konfigurasi: 4 Silinder Segaris

Transmisi : 4 Speed Matic OEM Toyota 2C-T

Gardan : Toyota Hi-lux (depan-belakang)

Suspensi:  Sokbreker Rancho RS9000+Per Daun Suzuki Jimny (depan), Sokbreker Doestech + Per  Daun Isuzu Panther (belakang)

Pelek : Aftermarket 15x8 Offset -17

Bumper : Custom galvanis by 4x4 Specialist

Ban : Simex Jungle Trekker 2 - 33x11,5 r15

Aksesori : Lampu Hella & Indikator Auto Gauge

Bengkel: Car Network (cat), 4x4 Specialist (mesin+kaki-kaki)

   

 

  


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur


JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
KIA Sportage gen 1 <br> Pasang Spoiler KIA Sportage
KIA Sportage gen 1
Pasang Spoiler KIA Sportage
JIP TWITTER FEED
Review Produk