KANAL 4Test

 

JIP - On road dan off-road, dari Jepang, Korea hingga Jerman, inilah pengetesan SUV terbesar yang pernah kami lakukan.

Fenomena SUV sungguh luar biasa. Nyaris semua produsen mobil dunia, memiliki line-up SUV. Termasuk brand eksotik dan premium yang sebelumnya fokus di sportscar. Pun di Indonesia, SUV menjadi menu wajib APM (Agen Pemegang Merek) demi merebut pasar. Ini tercermin dari 40-an model SUV yang diusung 26 APM di Indonesia. Belum lagi yang ditawarkan Importir Umum (IU).

Hadir di Indonesia pada akhir 1990-an, penjualan SUV terus meningkat tajam lima tahun terakhir. Data GAIKINDO menunjukkan total penjualan 130.578 unit pada tahun 2012. Di pasar mobil bekas pun, value SUV terhitung tinggi, dan menjadi favorit pedagang mobkas.

Pertumbuhan pesat ini diikuti semakin banyaknya pilihan dan kelas. Dari rentang harga Rp 200 jutaan hingga miliaran, kelengkapan dan fitur, jenis dan kapasitas mesin, hingga teknologi. Yang menarik, teknologi SUV terkini sudah mulai menghapus image sebagai kendaraan boros bbm. Jangan heran, bila diramalkan menjadi kendaraan pilihan masa depan. Praktis, aman, nyaman, performa dan efisiensi, sudah melekat pada SUV.

Ditambah kondisi infrastruktur jalan di Tanah Air yang jauh dari ideal untuk kendaraan dengan ground clearance rendah. Maka SUV dipastikan menjadi pilihan banyak orang.

Fenomena ini pula yang melatarbelakangi group test pertama OTOMOTIF GROUP. Tentu ada sedikit kejutan, sebab dalam tim penguji, termasuk seluruh jajaran pimpinan hingga Editor in Chief dan Managing Editor dari media-media yang bernaung di bawah OTOMOTIF GROUP.

Beberapa memang sudah terbiasa mengemudikan SUV, tapi ada juga sehari-harinya menggunakan MPV atau hatchback kecil. Menurut kami, ini akan memberikan perspektif yang lebih obyektif, karena mewakili sebagian besar pengguna mobil kita.

Dan, meski hampir semuanya butuh waktu menyesuaikan diri, ketika pengetesan berakhir, banyak yang enggan mengembalikan unit test mereka. Inilah fenomena SUV sesungguhnya.

Terbesar

Ada 20 model SUV terkini dikumpulkan. Dari SUV kompak hingga big size, mesin diesel dan bensin, penggerak 4x2, all wheel drive hingga 4x4, juga kelas premium dan eksotis. Dari buatan Jepang, Korea, hingga Jerman. Dari Rp 200 jutaan hingga menembus Rp 2 Miliar.

Semuanya diajak melintas beragam medan, sesuai habitat asli-nya yang multi terrain. Dari jalan aspal mulus, bebas hambatan, penuh tikungan dan tanjakan serta turunan curam, hingga off-road ringan (meski beberapa menyebutnya ekstrem). Rute Jakarta-Sukabumi (Cikidang-Citarik)-Jakarta memang menyajikan berbagai tantangan menarik.

Semuanya menjadikan tes ini sebagai single category test drive terbesar yang pernah dilakukan di Indonesia.

Kami memberi tajuk "OTOMOTIF GROUP SUVER TEST DRIVE", bukan hanya dari sisi jumlah peserta, tapi juga terbesar dari sisi coverage. Karena hasil test dimuat oleh hampir seluruh media-media yang bernaung di bawah OTOMOTIF GROUP. Dari platform print dan digital, media untuk segmen roda 4 maupun roda 2. Sebanyak 13 media akan mempublikasikan. Yaitu Auto Bild Indonesia, Car & Tuning Guide, Auto Expert, Motor, Retroisme, JIP, Bikers, R2, Otomotif, Motor Plus, Otoplus, otomotifnet.com dan autobild.co.id.

Pastinya test drive ini bukan yang terakhir. Selamat menikmati dan nantikan kejutan big project OTOMOTIF GROUP berikutnya.

 

Daftar SUV

Chevrolet Trailblazer 4x4

Chevrolet Captiva VDCi

Honda All New CR-V

Hyundai Tucson

Hyundai Santa Fe

Infiniti FX50

Kia Sorento

Kia Sportage

Lexus LX570

Lexus RX270

Mazda CX5

Mazda CX-9

Mercedes ML250 CDi

Mitsubishi Pajero Sport Exceed

Mitsubishi Outlander

Nissan X-Trail

Porsche Cayenne Turbo Diesel

Subaru XV

Toyota FJ Cruiser

Toyota Fortuner VNT

 

 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
Event | Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2016
Event | Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2016
JIP TWITTER FEED
Review Produk