KANAL 4Modifikasi

JIP - Postur tubuh mungil dan sebuah jip mungil, telah lama menjadi identitas seorang Wulan Novianti. Sudah lebih dari satu dasawarsa, putri tunggal dari Moeryanto alias Yanto Kemin, tokoh otomotif dari kota lumpia, Semarang ini akrab dengan Jimny Jangkrik beratap kanvas. “Aku mulai menggunakan Jangkrik ini sejak masih duduk di bangku SMA,” lanjut Tiwul, panggilan akrabnya.

“Banyak kegiatan dan peristiwa yang kulewati dengan jip yang kuberi nama kesayangan Tiwoel, sama dengan panggilan akrabku,” sambung anak tunggal ini. Termasuk pernah masuk di majalah JIP dalam rublik Bangga Berjip beberapa tahun silam.

Bahkan selanjutnya Jimny ini pun kembali dimuat dalam artikel modifikasi. “Ada peristiwa yang nggak bakal aku lupakan saat pemotretan itu,” seru Tiwul. “Si Tiwul ngambek, nggak mau hidup saat mau difoto. Padahal saat itu, mas Agus Heru selaku fotografer JIP menginginkan gambar moving. Mau tidak mau si Tiwul dengan susah payah kami dorong, dan ditempatkan pada sebuah turunan, kemudian didorong,” kenang wanita kelahiran 1984 ini sembari terkekeh.

Jimny ini kembali menjadi bagian terbesar dalam hidupku, lantaran menjadi salah satu syarat pernikahanku,” ungkapnya. Alkisah setelah sekian lama, kondisi Tiwoel tak secantik dulu, dan sepertinya butuh penyegaran. Maka diputuskan untuk direstorasi ulang dan kebetulan calon mertua Tiwul (pada waktu itu) memiliki bengkel cat.

“Tidak asal ngecat lho, ada syarat yang harus dipenuhi, tambahan dari ayahku. Proses rekoveri si Tiwoel ini menjadi acuan waktu pernikahanku. Jadi hari pernikahanku ditentukan oleh cepat-lambatnya proses restorasi,” papar istri Fajar Dharmaputra ini. “Kondisi yang justru semakin mendekatkan kami berdua,” tuturnya dengan mata berbinar.

Sekitar lima bulan kemudian Jimny LJ80Q ini pun telah siap mengaspal kembali.

 

Mesin

Mesin berkapasitas 797 cc tetap setia dipasangkan pada sosok jip mungil ini. Mesin 4 tak pertama Suzuki ini telah dioverhaul total dan dioptimalkan. Penggunaan header dan penyempurnaan pengapian dengan CDI menjadi langkah mengail performa. Sekaligus menjadikan perawatannya lebih praktis.

Transmisi

Girboks 4 percepatan asli bawaan milik LJ80 tetap dipertahankan, begitu pun transfercasenya. Selain ingin tetap menjaga orisinalitas, perangkat girboks LJ80 ini memiliki rasio gir yang paling ‘klop’ dengan kinerja mesin 0.8 liter. Komposisi inilah yang menjadikan Jangkrik terasa lebih bertenaga dibandingkan SJ410.

Gardan

Orisinalitas gardan tetap terjaga dari bonggol hingga final girnya. Sedangkan suspensi per daun diremajakan menggunakan per daun orisinal Jangkrik. Per tersebut ditebus sepuluh tahun silam, dan baru dikeluarkan dari gudang ketika restorasi menjelang rampung. Suspensi lift dilakukan dengan menggunakan anting yang lebih panjang, untuk menyesuaikan dengan ban berukuran lebih besar.

Interior

Simpel dan rapi menjadi kesan pertama pada penampilan interior jip ini. Sepasang jok Katana yang telah dibungkus ulang dipilih karena kemiripan dengan dimensi jok aslinya, dan dirasa lebih nyaman.

Karet langka

Kiprah LJ80 di Indonesia tergolong singkat, terlebih tipe atap kanvasnya yang sangat terbatas populasinya. Namun bicara karet bodi, terutama beberapa pernik yang sulit didapat, telah jauh-hauh hari dikumpulkan oleh Yanto Kemin, sang ayah. Karet bumper bertuliskan Jimny yang merupakan Suzuki Genuine Assesories ini tergolong langka.

Lampu sein

Lampu sein samping termasuk barang langka untuk didapat. Piranti ini merupakan old new stock hasil ‘gerilya’ ke berbagai tempat, dan didapat jauh sebelum jip ini direstorasi.

 

Spesifikasi

Mesin                : F8A 4 silinder inline 0.8 liter (797cc) OEM LJ80

Trasnsmisi        : 4 speed manual OEM LJ80

Transfercase    : 2 speed partime OEM LJ80

Gardan             : OEM LJ80

Final gir            : 4.56 : 1

Sokbreker        : Rancho RS5000

Per                   : OEM LJ80
Pelek                :  Willys

Ban                  : Simex MP Trekker 750 x R16

Jok                   : Suzuki SJ410 Katana

Bengkel            : Rhino & Union

                           (024) 355.530.0

 




JIP [TV]
Infiniti FX37 review
JIP IMAGE
Baby Jeep
Baby Jeep
JIP TWITTER FEED
Review Produk