KANAL 4Modifikasi

JIP - Pepatah cinta itu buta memang ada benarnya. Rasa sayang dan cinta mampu mengalahkan apapun. Bahkan sesuatu yang tidak masuk akal sekalipun. Demam cinta ini pun ternyata didera oleh Eko Hari Kurniawan. Hanya saja cinta yang begitu besar dan menggelora bukan ditujukan pada sosok wanita.

Justru pada seonggok Toyota Land Cruiser HJ45 –lah cinta Eko Hari Kurniawan berlabuh. Dikatakan seonggok lantaran kondisi jip pikap ini tercerai berai seluruh bagiannya.. Bahkan mesin 2H 6 silinder yang semestinya jadi dapur pacunya pun raib entah kemana. Namun demikian kondisi sasis, bodi dan aksesoris tergolong bagus dan lengkap. Sebagai pecinta Land Cruiser kondisi ini cukup untuk membangkitkan rasa cinta di dada pria yang akrab disapa Wawan ini.

“Saya tak harus berpikir panjang untuk meminangnya begitu pertama kali melihat. Pokoke langsung tak ‘tubruk’  dan katakan ya…!” kekeh bapak dari Alfito dan Rama. “Memang ini adalah  jip idaman saya sejak kecil,” bisik suami dari Denny Kartika ini.

Sebagai pebengkel nampaknya Wawan tidak perlu membuang waktu lebih lama untuk menghidupkan kembali sang HJ45. “Kebetulan pemilik lamanya menyertakan segeluntung mesin 14B sebagai ganti mesin 6 silinder bawaan kendaraan,” tutur juragan Automodis ini. “Syukurlah mesin 4 silinder ini dapat dinyalakan tanpa kendala,” kekeh pemegang KTM kota Malang, Jawa Timur ini.

Jambore Land Cruiser Club Asia di Bali menjadi target Wawan selanjutnya ketika melakukan proses restorasi. “Hanya dalam waktu 2 minggu saja jip ini kembali rapi dan siap mengaspal. Sungguh hal yang fenomenal bagi saya lantaran event Land Cruiser yang jdiikuti para penggila Land Cruiser dari dalam dan luar negri jadi momentum kembalinya jip ini,” kenangnya. “Semuanya serba singkat dan cepat. Itulah kisah cinta kilat saya dengan si Land Cruiser pikap,” tutupnya.

Teks                : Suryo Sudjatmiko

Foto                : Ferlie Milawanti

Mesin

Mesin 4 silinder 14B menjadi pengganti mesin bawaan kendaraan 2H 6 silinder diesel inline. Meski pun terpaut 2 silinder dari mesin aslinya , namun kapasitas mesin hanya terpaut 0.2 liter saja. Mesin 14B ini pun dianggap lebih bersahabat dalam perawatan terutama dalam pengadaan spare part. 

Girboks

Girboks 4 speed manual asli milik HJ45 dan tranfercase yang juga bawaan asli kendaraan masih dipertahankan. Butuh upaya lebih untuk mengakurkan mesin 14B dan girboks, namun berkat wawasan dan jam terbang yang dimiliki Wawan mesin dan transmisi pun sukses bersinergi.

Kaki-kaki

Gardan asli bawaan kendaraan masih gagah di kolong jip. Per asli bawaan kendaraan pun masih tetap dikaryakan. Per ini disandingkan dengan sokbreker lansiran ProComp. Sedangkan untuk antingnya Wawan belum berhasil mendapatkan peranti orisinalnya. 

PTO

Waktu yang tersedia nampaknya belum cukup untuk melengkapi PTO jip legendaris ini. Terdapat beberapa bagian yang pada saat itu tidak sempat terpasang. Selain itu ada pula onderdil yang berhasil dipesan namun belum sampai ke tangan Wawan.

Pelek

Pelek ring berukuran 16 dikolaborasikan dengan wheeldop klasik khas TLC. Sementara untuk menjamah bumi satu set ban Good Year Extra Grip 750 x 16 dijadikan andalannya. Menurut Wawan ban kurus ini merupakan solusi yang pas untuk memunculkan kesan klasik. 

Spion

Part orisinal sepertinya menjadi lagu wajib yang tetap dijaga. Spion lansiran Murakami dan tutup bahan bakar jadi beberapa contoh nyata.

Lampu

Lampu tambahan khas diesel nampak nangkring di bagian depan sang HJ45. Lampu ini merupakan orisinal bawaan kendaraan yang berakta kelahiran 1979 ini.

Interior

Boleh dikatakan bahwa 90% dari interior masih asli bawaan kendaraan. Bahkan trim pintu gress berhasil dipinang. (1125, 1132 1137 1140)

Spesifikasi

Sasis                 : OEM HJ45

Bodi                   : OEM HJ45

Mesin                 : 14B 4 silinder inline 3.7 liter diesel

Girboks              : 4 speed manual (OEM HJ45)

Tranfercase       : 2 speed part-time (OEM HJ45)

Gardan              : OEM HJ45

Final gir             : 4.111 : 1

Per                    : OEM HJ45

Sokbreker         : ProComp ES 9000

Bengkel            : Automodies

                           Jl. Raya Kepuh 2223 A Sukun Malang

                           T : 081385759154

 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur


JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
Willys Tubular Custom <br> Jejadian
Willys Tubular Custom
Jejadian
JIP TWITTER FEED
Review Produk