KANAL 4Test

JIP -Ini kedua kalinya kami mengikuti media drive All New Ford Ranger di Sumatera. Yang pertama di Medan, Sumatera Utara, menggunakan Ranger di jalur off-road dengan panorama alam yang indah dan sejuk. Menjadi salah satu pengalaman yang menyenangkan, menikmati Ranger terbaru di alam bebas, sembari beberapa kali melewati jalur yang cukup ekstrem.

Kali ini, Ford mengajak kami ke area perkebunan Sawit PTPN6 di Jambi, Sumatera Selatan. Memang, pemandangannya tak seindah sebelumnya, kecuali kota Jambi yang ternyata sangat bersih dan tertata rapi. Yang membuatnya istimewa, karena kali ini Ford membawa Ranger versi 3.2 liter, yang merupakan pikap double cab terkuat di line-up Ranger, dan secara spesifikasi, juga paling bertenaga di jajaran d-cab diesel yang beredar resmi di Tanah Air.

Dibanding versi yang dijual umum, performa Ranger 3.200 memang istimewa. Mesinnya unik, diesel common rail dengan 5 silinder! Spesifikasi pabrik menyebut tenaga 200 PS dan 470 Nm! Itu jauh diatas pikap D-cab lain, bahkan SUV diesel sekelas yang beredar di Tanah Air. Maka jangan heran, ketika tahu Ranger ini ikut dibawa ke Jambi, permintaan pertama kami adalah menjajalnya. Dan pihak Ford pun dengan senang hati membolehkan.

Jujur, dalam jalur perkebunan sawit yang masuk katagori light off-road, nyaris gak ada perbedaan performa off-road Ranger 3.2 dengan varian 2.2 liter. Bila mengemudi dengan halus, Ranger 4x4 tersebut mudah saja melewati berbagai medan yang tersedia di sini.

Akan tetapi, meski sama-sama mampu melewati medan off-road, sensasi mengemudinya berbeda. Dengan varian 3.2, pada posisi transfercase di 4L, Ranger terasa galak, dan kadang terlalu agresif bila menggunakan gigi 2 pada kecepatan rendah. Apalagi bila jarum takometer mulai menyentuh 1.500 rpm, torsi diatas 400 Nm langsung menyentak.

Begitu mendapati jalan dengan sedikit permukaan rata dan relatif mulus, pedal gas pun ditekan lebih dalam. Pada posisi gigi 2 dan transfercase di 4H, akselerasinya ganas, gak habis-habis, dan terus menekan punggung ke belakang. “Torsinya rata dari rpm 1.500,” ungkap Farid Jauhari sembari tersenyum. Farid adalah Fleet Sales Manager di PT Ford Motor Indonesia, yang menemani di kendaraan.

Dari tampilannya, All New Ranger 3.200 cc ini tak berbeda jauh dari versi 2.200 cc. Interior pun begitu. Bagi yang sudah menjajal Ranger 2.2, maka versi 5 silinder ini akan terasa familiar. Semua hampir sama, kecuali tenaganya itu. Dari mesin idle hingga jelang 1.500 rpm, entakannya mirip. Namun, menyentuh angka 1.500 rpm, maka bersiaplah merasakan akselerasi berlimpah nyaris tanpa henti. Dipadu transmisi 6 speed manual, rasanya Ranger ini akan menyenangkan di trek off-road, maupun di aspal mulus.

Pada test drive sebelumnya, kami sudah memuji handling dan ayunan suspensi All New Ranger yang benar-benar menjauh dari sebuah pikap pekerja. Setidaknya dibanding pesaingnya saat ini. Dengan mesin yang lebih powerfull ini, maka sensasinya pun tambah fun. Asiknya lagi, indikator bahan bakar selama acara media drive hanya turun sedikit. Rupanya, konsumsi bbm juga relatif irit meski kapasitas mesinnya cukup besar, yakni sekitar 8,5 liter per 100 km! Sebagai catatan tambahan, selama test drive, semua Ranger yang kami gunakan menggunakan solar biasa.

Kejutan masih bertambah ketika Roy Lontoh, Marketing Director PT FMI, memberitahukan harganya, yang berkisar Rp 370 juta, On The Road (Jakarta)! Meski lebih mahal dari varian 2.2, namun jauh lebih rendah dari perkiraan sebelumnya. Rasanya, bagi pehobi d-cab, Ranger 3.2 ini menjadi pilihan menarik.

Namun begitu, ada sedikit kabar kurang menyenangkan. Ketersediaan varian ini sangat terbatas. Untuk memiliki, harus via pesanan khusus, alias sedikit bersabar. Bagi yang mempertimbangkan d-cab diesel untuk kompetisi, terutama speed off-road, rasanya perlu memesan segera, sebelum musim 2014 berjalan. He..he..

 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
Event | Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2016
Event | Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2016
JIP TWITTER FEED
Review Produk