KANAL 4Diesel

JIP - Sekitar dua tahun lalu, kami mengulas Toyota Fortuner diesel milik Satya, yang sudah upgrade mesin hingga 360-an dk dengan torsi 600an Nm. Tenaga segitu sudah luar biasa. Dan terasa dari akselerasi yang cepat, maklum, torsinya sangat besar.

Beberapa bulan kemudian, Satya meng-upgrade transmisi matic-nya. Dan hasilnya, luar biasa! Meski tenaga sama, tapi lantaran ubahan pada transmisinya, akselerasi pun terasa lebih responsif. Dari diam hingga 100 km per jam terasa sangat singkat, seolah ada suntikan tenaga tambahan. Perpindahan gigi pun lebih halus dan cepat, dan tidak cepat melakukan upshift, sehingga memberikan sensasi akselerasi yang lebih padat. Upgrade transmisi yang dilakukan adalah memasang TransGo Reprogamming Kit.

Rata-rata SUV diesel terkini dilengkapi transmisi otomatis. Banyak yang meyakini, transmisi otomatis bukan pasangan tepat untuk mesin bertenaga besar. Tidak salah juga, pasalnya transmisi otomatis dinilai lambat bereaksi.

Untuk beberapa SUV diesel, transmisi otomatis justru menguntungkan untuk mesin yang sudah dimodifikasi atau ditingkatkan tenaganya. Karena lebih tangguh menghadapi lonjakan torsi. Berbeda dibanding transmisi manual, yang wajib upgrade ketika menyentuh tenaga 200 dk, maka transmisi matic masih aman hingga 350-an dk, bahkan lebih.

Walau tangguh, persoalan responsifnya masih kerap mengganggu. Terutama bagi yang mesinnya sudah diupgrade. Seolah ada jeda, dan kita agak sulit mengatur waktu transmisi mengganti gigi persneling. Sehingga performa mesin pun terasa kurang optimal.

Cara efektif mengeliminir persoalan itu adalah memasang kit transmisi otomatis buatan TransGo, seperti yang dilakukan Satya. Kini, produk TransGo jadi terkenal di kalangan pemakai Fortuner diesel, terutama yang sudah mengupgrade mesin. “Sebenarnya mereka juga membuat kit untuk mobil transmisi matic yang lain kok, lihat saja di web-nya,” ujar Stefanus Sentosa, pebisnis bengkel yang juga pehobi tuning diesel .

TransGo adalah perusahaan asal Amerika, yang memang spesialis membuat kit untuk transmisi otomatis. Maklum, konsumen Amerika sudah lama berbudaya matic, sehingga wajar bila mereka pun lebih advance soal transmisi tanpa pedal kopling itu.

Pada dasarnya, TransGo membuat dua jenis kit. Yang pertama disebut Shift Kit, ditujukan untuk perbaikan atau rekondisi transmisi matic lawas, mengembalikan performanya seperti baru, atau optimal. Dengan tegas disebutkan bahwa Shift kit ini bukanlah produk performance, melainkan untuk rekondisi atau restorasi.

Namun yang kedua, disebut Reprogamming Kit, memang disebutkan berorientasi performance. Makanya menjadi favorit pemakai mesin diesel commonrail saat ini. Seperti Fortuner milik Satya yang kami coba, perpindahan giginya terasa cepat dan akselerasi jadi lebih agresif. “Sebenarnya karakter perpindahan giginya masih dapat disetel lagi, sesuai keinginan. Bisa lebih halus, bisa juga kasar tapi agresif,” imbuh Stefanus.

Menurut rilis TransGo, Reprogamming Kit ini memang untuk aplikasi sport, dari drag race hingga off-road, bahkan rock crawling, yang perpindahan giginya dapat diatur lebih lambat dari biasanya. “Itu diatur dari konfigurasi komponen yang dipasang,” tambah Aan, sapaan akrab Stefanus.

Melirik isinya, TransGo Reprogramming Kit hanya terdiri dari beberapa komponen kecil, yang dipasang pada jalur ATF. Menurut Theodorus Suryajaya dari REV Engineering, pemasangannya sebenarnya tak begitu lama, tapi biasanya sekitar 2-3 hari biar hasilnya maksimal. Pemasangan itu mesti melubangi beberapa bagian pada transmisi, sehingga modifikasi ini bersifat permanen, alias gak dapat dikembalikan ke orisinal.  

Soal harga dan biaya, biasanya sekitar Rp 5 juta terima jadi. Bagi yang ingin tanya-tanya, dapat ke REV Engineering, 021-56964612.

 

Aplikasi           : Petunjuk kendaraan tertera pada kemasan. Lihat, yang ini ternyata cocok juga untuk Jeep dengan transmisi matic AW4 (Aisin-Warner), termasuk Cherokee XJ 4.0 1987–2001.

 

Isi : Melihat kemasannya yang besar, ternyata isinya cuma beberapa komponen kecil yang terlihat sepele. Tapi efeknya luar biasa.

 

Petunjuk : Dalam kemasannya sudah lengkap dengan petunjuk pemasangan, dan konfigurasi komponen, sesuai karakter yang kita inginkan.

 

Valve Body Gasket : Perlengkapan wajib yang biasanya sudah disiapkan oleh bengkel pemasangan.


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
Modifikasi Off-road | Suzuki Escudo 1996
Modifikasi Off-road | Suzuki Escudo 1996
JIP TWITTER FEED
Review Produk