KANAL 4Modifikasi

JIP - JIPmania pasti sudah pada mengenal gardan jenis portal. Gardan ini kerap dijumpai pada truk Mercedes-Benz Unimog. Saat ini sudah ada teknologi untuk jip off-road, membuat gardan biasa jadi gardan portal, dan sudah diaplikasikan di beberapa jip di Tanah Air. Salah satunya Land Rover Defender SWB milik Rudy Reza Siregar.

Ini bukan pertama kalinya Reza Siregar memodifikasi Defender untuk off-road. Beberapa kali ikut perjalanan off-road panjang dan berat, memberikan kesimpulan. “Kalau pakai suspensi lift-kit, akhirnya banyak mengubah karakter kemudi Landy,” ucapnya. Tapi beberapa trek off-road, memang butuh ground clearence tinggi. Lalu bagaimana untuk mendapatkan keinginan tersebut?

Produk aftermarket Tibus Off-road Engineering mengklaim punya solusi yang dibutuhkan Reza. “Menurut Tibus, kalau pakai bolt-on Portal Axle buatannya tidak akan mengubah karakter kemudi Landy. Si Landy jadi jangkung, tapi posisi kaki-kaki yang sudah dihitung pabrik tetap sama,” jelasnya.

Portal Axle buatan Tibus ini berupa semacam adaptor, yang mengubah gardan biasa menjadi gardan portal. Julukannya Killer Axle. Memang, begitu menggunakan adaptor ini, gardan yang tadinya standar berubah jadi tangguh. Karena as roda turut diganti menggunakan bahan chromoly. Tibus hanya membuat adaptor portal untuk gardan Mercedes G-Class, Toyota seri 70, Dana 44, dan Defender.

Uniknya, untuk mendapatkan keinginan ini, Reza harus merogoh kocek dalam. Biaya sepasang Tibus Porta Axle, harus ditebus sekitar seperempat harga Defender baru. Sesuatu yang mewah memang untuk dipasangkan pada ‘kaki-kaki’.

Walaupun bolt-on, Reza tidak mau ambil risiko untuk aplikasinya. “Saya pelajari dulu buku manualnya, dan konsultasi dengan bengkel Dana Suspension. Setelah yakin, baru diaplikasikan,” terangnya.

Beruntung Reza memiliki satu Landy dengan kondisi standar, jadi bisa ujicoba apakah karakter mengemudinya bakal berubah.“Harus berani diuji,” celetuknya.

Untuk menguji ketangguhan adaptor portal ini, Reza sedang mempersiapkan tunggangan dengan kaki mewah ini untuk terjun di IOX 2015. Dengan kondisi semuanya hampir standar, hanya menggunakan produk Tibus Portal Axle.

Dengan harga yang cukup mahal itu, Tibus memberikan garansi seumur hidup untuk portal axle ini. “Begitu rusak, bakal diganti baru sama Tibus,” terang Reza. “Asalkan jangan apes aja rusak saat dipakai off-road di dalam hutan. Pasti susah bongkarnya, hehehe,” tutupnya.

Bravo!

Teks   : Rindra P

Foto    : Kodjang

 

Mesin

Land Rover Defender produksi 2013 sudah menggunakan mesin 2.2L TDCi dengan Variable Geometry Turbocharger (VGT). Tenaga yang dihasilkan 172 dk dengan torsi 400 Nm, lebih dari cukup untuk ‘mendorong’ Landy di jalur off-road dan aspal.

Gardan

Bisa dibilang hanya sisa bonggol gardan dan final gear. Karena begitu menggunakan adaptor portal axle dari Tibus, as roda juga turut diganti menggunakan pasangan Tibus. “Sayangnya, untuk as roda depan itu optional. Jadi belum termasuk saat beli ada adaptor depan harus beli as rodanya lagi,” jelas Reza. Adaptor portal ini juga memiliki gigi reduksi 1:1,16 di dalamnya, jadi tidak perlu ganti final gear saat menggunakan ban lebih besar.

Interior

Interior masih mempertahankan kenyamanan standar Landy Puma. Hanya pada dashboard ditambahkan kompartemen tombol untuk mengaktifkan lampu sorot dan locker ARB. “Nantinya dibagian belakang akan di tambahkan cargo barrier. Dan menyisakan satu bangku bagian belakang, biar bisa bertiga saat off-road panjang,” jelas Reza.

Suspensi

Karena masih mempertahankan standar. Sistem suspensi tetap menggunakan bawaan pabrik. “Benar saja, karakter mengemudi tetap senyaman asli Landy bawaan pabrik,” celetuk Reza. Reza hanya mengganti sokbreker dari Old Man Emu, “Sebenarnya pakai aslinya juga udah enak, ini iseng saja hehehe,” cengirnya.

Spesifikasi Teknis

Mesin                           : 2.2L TDCi

Gearbox                       : R380, 5 Speed Manual

Kopling                        : Red Booster

Gardan                         : OEM Defender

Adaptor Porta Axle       : Tibus Porta Axle

Shockbreaker                : Old Man Emu

Per                               : OEM Defender

Pelek                            : Wolf Custom Beadlock

Ban                              : Simex Extreme Trekker 35”

Locker                           : ARB Airlocker

Winch                           : Warn 8274 (Depan)

                                       Warn 9.5 Xp

 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
Event | Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2016
Event | Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2016
JIP TWITTER FEED
Review Produk