KANAL 4Modifikasi

JIP - Tak terhitung jumlah pembuat peranti aftermarket off-road untuk salah satu titisan legenda 4x4 dunia ini. Tetapi ada yang melirik sisi lain dari tunggangan serbakotak Land Rover Defender, seperti Overfinch, Twisted maupun Kahn Design. Tidak mengutamakan penampilan sebuah off-roader, tetapi malah mengedepankan nilai aristokrat, mewah namun tidak menghapus sisi ikonik Defender sebagai sebuah legenda 4x4.

Rancangannya sekilas tampak lembut, berbeda dengan melihat Land Rover Defender yang berdandan ala off-road yang terlihat lebih sangar dan siap melahap segala medan. Dengan menggunakan beberapa body kit dari Kahn Design ini, Defender menjadi sedikit terlihat klimis, walau masih menunjukkan tampilan garang khas jip asal Solihull, Birmingham, Inggris itu.

Beberapa sisi dibuat stylish dengan rancangan Kahn Design ini. Baik interior maupun eksterior, seperti Defender 90 putih ini. Pemiliknya memasukkan sendiri beberapa komponen aftermarket buatan rumah modifikasi asal Bradford, Inggris itu. Desain standar Defender, dibuat lebih lebar dengan body kit di sepatbor depan dan belakang.

Tak hanya di samping, depan dan belakang pun mendapat sentuhan dengan peranti yang terpasang secara bolt-on itu. “Mobil ini milik teman saya yang memang memasukkan mobil Kahn Design ke sini,” terang Rezha, menjelaskan tunggangan itu. Memang betul, sebelumnya secara utuh Land Rover Kahn Design sudah diimpor ke Indonesia. “Defender 90 ini, menjadi mobil contoh bagaimana body kit Kahn Design diterapkan pada Defender,” ujar lelaki yang menggeluti speed off-road itu.

Jadi, ketika ada yang ingin  mengetahui apa saja sih, aksesori yang ada pada Kahn Design untuk Defender, ya tinggal lihat di bodi Defender ini saja. Namun jangan harap body kit ini bisa dijadikan mal untuk ditiru. Karena pihak Kahn Design sudah memercayai temannya tersebut untuk membawa body kit ini ke Tanah Air, dan tentunya tak ingin produknya ditiru di sini.

Yuk kita lihat lebih dekat…

 

Jok Spesial

Bagian interior yang menarik pada Defender ini adalah jok semi bucket yang berbalut kulit. Dijahit khusus dengan pesanan motif yang bisa dibuat custom. Jangan kira penyangga tubuh ini sekadar berbalut bahan yang berkesan mewah saja, tetapi memang jok ini dibuat oleh spesialis jok mobil dunia, Recaro.

Sama seperti aksesori lainnya, harus ada ‘tanda’ yang melekat di peranti tersebut. Jahitan dengan emblem Kahn pun melekat pada jok ini. Menunjukan produk otentik dengan rancangan yang dibuat khusus.

Exhaust

Salah satu menu Kahn yang terkait performa adalah exhaust ini. Dilabeli Crosshair Exhaust System, sistem ini sudah termasuk braket untuk mudflap alias kepet yang sudah dilengkapi lubang. Terbuat dari bahan besi stainless, knalpot ini tersedia dalam finishing hitam atau krom. 

Grill

Satu kunci penampilan jip 4x4, adalah gril depan. Karakter sebuah jip atau SUV, tercermin dari situ. Dan Kahn pun membuat desain yang simpel dan unik, namun tetap menyiratkan ketangguhan khas Landy Defender. Bertajuk Military Front Grille, bagian ini dilengkapi jaring Stainless Steel untuk melindungi kipas dan radiator.

Pelek

Salah satu produk Project Kahn yang banyak dikenal pengguna SUV Tanah Air, adalah pelek. Maklum, Kahn juga membuat untuk berbagai kendaraan di luar Landy, dan terbukti cocok. Yang ini dinamai Defend 1983, berdiameter 18 inci. Membuat tampilan Defender lebih mewah dan sedikit elegan. Berpadu ban BFG A/T, tampilan ini seolah menaikkan gengsi pada Defender.

Lampu

Lagi-lagi, bagian depan jadi kunci tampilan unik. Kali ini tampilan lampu depan yang dihiasi Military Headlight Covers. Selain lebih modern, juga dilengkapi jaring pelindung stainless steel, seperti pada gril.

Body kit

Selain gril, bagian ini yang membuat perhatian tertuju pada sang Defender. Sekilas, tak terlalu kelihatan, tetapi bila Anda penggemar Landy, pasti sadar bahwa fender depan dan belakang sudah dilapis Wide Track Arch Kit ini.

Fender depan dan belakang jadi lebih lebar dan gagah. Bahannya pun komposit yang ringan dan kuat, ditambah opsi ventilasi samping, membuat aura Defender jadi lebih mewah.

Spesifikasi teknis

Mesin              Diesel 2.200 cc 4 silinder

Tenaga            122 ps

Torsi                360 Nm 2.000 rpm

Transmisi        6 Speed 4WD

Pelek               Kahn Defender 18 x 8 inch

Ban                  BFGoodrich All Terrain 285/65 R18

Sokbreker        OEM

Per                   OEM

 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
Modifikasi Off-road | Suzuki Escudo 1996
Modifikasi Off-road | Suzuki Escudo 1996
JIP TWITTER FEED
Review Produk