KANAL 4Modifikasi

JIP - Bagi Yus Balinio, Suzuki bukan sesuatu yang asing lagi. Pebengkel dan juga pebisnis otomotif asal kota Medan ini telah mengenal merek asal Hamamatsu Jepang ini sejak lama. Tak hanya akrab dengan produk yang beredar di Indonesia, namun juga produk yang diedarkan di luar negeri. Karena itu, saat membangun sebuah Escudo 2 pintu, dikerahkanlah segala pengetahuannya pada kendaraan ini.

Salah satu yang menarik dari kendaraan ini, adalah pernik yang dipergunakan. “Ibarat sebuah sungai, SUV ini merupakan tempuran alias tempat di mana dua aliran sungai bertemu,” terang Yus. “Saya modifikasi kendaraan ini dengan kumpulan pernik-pernik yang diambil dari Vitara yang dipasarkan di belahan bumi timur dan barat,” kekehnya.

“SUV ini merupakan Escudo yang dipasarkan untuk market Jepang. Namun saya tambahi dengan berbagai pernik Suzuki dari belahan bumi barat. Mulai dari pernik asal Jepang, Inggris dan tak ketinggalan Amerika,” lanjut ayah dari Federcerm Balinio ini. “Supaya unik dan beda dengan yang lainnya,” terangnya.

Tak hanya sampai di situ. Dalam memilih pernik-pernik untuk SUV yang disiapkan bagi anak semata wayangnya itu, Yus berusaha untuk mencari yang unik. Ia pun getol melakukan perburuan pernik edisi khusus yang dirilis Suzuki bekerja sama dengan Helly Hansen, salah satu pembuat produk alat-alat outdoor asal Norwegia. “Sepengetahuan saya, Helly Hansen memberikan sumbangsih berupa desain khusus untuk Suzuki.  Bukan hanya Vitara saja lho, tapi ditemukan juga padai beberapa produk lainnya seperti SX4,” cerocosnya sembari menutup perbincangan.

 

Mesin

Walau sudah tidak bisa dikatakan belia lagi, namun mesin 1.6 liter asli bawaan kendaraan masih dalam kondisi standar dan dalam kondisi yang cukup sehat. Sejauh ini langkah penyegaran yang dilakukan hanya membersihkan ruang bakar dan penggantian timing belt

Transmisi

Transmisi 4 speed otomatis dikolaborasikan dengan tranfercase 2 speed part-time bawaan asli kendaraan, semua dalam kondisi prima dan selalu mendapatkan perawatan rutin yang cukup baik. Perangkat yang dibuat oleh Aisin Seki ini mumpuni untuk menyalurkan daya mesin. 

Cover ban

Sejumlah pernik edisi Helly Hansen nampak menghiasi sekujur badan kendaraan ini, termasuk interiornya yang diwakili lingkar kemudi dan karpet. Sedangkan eksterior, cover ban menjadi perangkat yang paling eyecatching

Pelek

Pelek dengan motif kipas berdiameter 16 inci ini merupakan salah satu ciri Escudo Helly Hansen Edition. Profesinya sebagai importir onderdil dan sparepart memudahkannya mendapat pelek berbahan alloy ini secara lengkap, dan dalam kondisi yang boleh dikatakan cukup baik. 

Suspensi 

Suspensi independen pada bagian depan hanya sedikit mengalami upgrade, lantaran penggunaan ban dengan diameter lebih besar dibandingkan dengan asli bawaan kendaraan. Karena penambahan diameternya tidak terlalu ekstrim, maka cukup dengan mengganti per yang sedikit lebih panjang. Bagian belakang  pun mengalami perlakuan serupa. 

Roofrack

Roofrack khusus milik Escudo 2 door berhasil diperoleh dalam kondisi gres melalui seorang rekan importir. Penampilan SUV ini menjadi lebih menarik dengan hadirnya sidemarker alias lampu sudut samping orisinal milik Geo Tracker, atau Sidekick versi USDM. 

Interior

Interior tidak banyak disentuh. Hanya pada areal dasbor terdapat penambahan perangkat berupa inclinometer yang menjadi opsional Escudo versi Jepang. 

Speedometer

Berbeda dengan  panel speedometer yang beredar pada Vitara-Escudo versi lokal. Pada kendaraan ini satuan angka utamanya menggunakan miles per hour (MPH) sedangkan satuan angka kilometer per hour (KMH) nampak menyertai. Perangkat ini merupakan milik Vitara versi UK yang bisa langsung plug ini pada dasbor Escudo JDM ini. 

 

Spesifikasi

Mesin                                : G16B 4 silinder inline 16 valve SOHC 1.6 liter 

Girboks                             : Aisin A03-72LE   4 speed automatik

Transfercase                   : 2 speed part-time

Bodi                                  : OEM Suzuki Escudo 2 door hardtop

Sasis                                : OEM Suzuki Escudo 2 door

Gardan                            : OEM Suzuki Escudo

Suspensi                         : Independent front suspension  coil spring (depan)

                                          : Solid axle 3 links coil spring (belakang)

Lampu belakang           : OEM Suzuki Vitara UK

Side marker                   : OEM Sidekick USDM

Covertire                        : OEM Escudo Helly Hansen edition JDM

Pelek                              : OEM Escudo Helly Hansen edition JDM

Ban                                 : Bridgestone MT 225/75R16

Speedometer                : OEM Vitara UK

Stir                                   : OEM Escudo Helly Hansen edition JDM

Emblem                          : Chevrolet Tracker

Inclinometer                   : OEM Escudo Helly Hansen edition JDM

Karpet                             : OEM Escudo Helly Hansen edition JDM

Bengkel                          : Bengkel Gudang 31

                                           Jl. Balaidesa gg imam no 31

                                           Polonia. Medan

                                           Telp: 08126088326

Penulis : Suryo Sudjatmiko

Foto : Kodjang


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
Modifikasi Off-road | Suzuki Escudo 1996
Modifikasi Off-road | Suzuki Escudo 1996
JIP TWITTER FEED
Review Produk