KANAL 4Modifikasi

JIP - Di Indonesia, untuk mendapatkan sebuah Suzuki Samurai soft top nyaris merupakan suatu kemustahilan. Tak sedikit penggila Suzuki yang mengubah Jimny Sierranya menjadi jip yang cukup populer di dunia ini. Sialnya…untuk mendapatkan Sierra dalam kondisi sempurna, juga merupakan suatu hal yang sulit diwujudkan, lantaran populasinya kian menyusut.

Walau sudah memiliki berbagai macam jip di dalam garasinya, namun bagi M Iriawan memiliki Jimny Samurai merupakan sesuatu yang wajib diperjuangkan. “Jip satu ini merupakan icon keluarga besar Jimny Generasi II, dan merupakan kebanggaan tersendiri apabila memilikinya dalam kondisi baik,” ujarnya.

Ia pun memasang mata dan telinga untuk mencari keberadaaan jip tersebut. Sayang sekali, hasilnya nihil. Jurus kedua pun ditempuh, dengan mencari sebuah Sierra untuk dijadikan bahan rombakan. Sayang sekali ….jurus kedua ini pun gagal. “Sempat dapat beberapa pandangan, namun kondisinya bikin miris hati,” selorohnya.

Seorang kawan pun akhirnya menyarankan untuk membuat jip impian ini dari bahan Suzuki Katana. Saran itu ia terima, karena masuk akal dan ia bakal mendapat bahan kendaraan yang segar.

Sebuah Katana lansiran 2001 yang telah disiapkan pun mengalami transformasi. Lewat berbagai koneksi akhirnya bahan baku body part Jimny generasi II tipe Q (kode tipe beratap removable) termasuk kap mesin jenong JB31 a.k.a Samurai pun didapatkan.

Enam bulan lamanya proses tranformasi berjalan. Sejalan dengan itu, Iriawan memasangkan beberapa perangkat dan aksesori tambahan. Iriawan mengaku ia tidak mengikuti salah satu pakem modifikasi, namun mencoba untuk mencari ciri dan keseimbangan modifikasinya sendiri. “Jika dilihat mundur, saya telah gagal mendapatkan impian saya, Jimny Samurai. Demikian juga dengan Sierra. Sedikit mengecewakan, namun semua tak menjadi masalah,” cerocosnya.

“Selama proses berlangsung, saya berpikir bahwa sehebat apapun kreasi yang saya buat, tetaplah bukan barang asli. So..mengapa terlalu serius mengejar kesempurnaan?” serunya. “Justru sebaliknya, saya bebas untuk melakukan modifikasi sesuai yang saya mau. Di sinilah citra rasa modifikasi ala Indonesia bermain…,” gelaknya menutup perbincangan.

Mesin

Mesin 1 liter bawaan Katana tetap dipertahankan. Walau hanya mampu mengail tenaga dan torsi yang tergolong minin, namun mesin kebangsaan Jimny generasi II di Indonesia masih menyimpan keunikan yang perlu digali lebih dalam. 

Transmisi

Transmisi asli bawaan kendaraan tetap dipertahankan. Karena semula merupakan kendaraan 4x2, maka transfercase bawaan JA11 pun digunakan supaya sistem 4x4 berfungsi. 

Gardan

Gardan asli diganti bulat-bulat dengan milik Jimny JB31 dengan sumbu lebih lebar. Karena dirasa final gir asli bawaan JB31 memiliki rasio yang terlalu high, maka final gir ini pun digantikan oleh milik JA11 bagian belakang yang diameter 6.5 inci. 

Ban

Ban Kumho MT dan pelek besi lansiran ARW menjadi andalan untuk mengelindingkan langkahnya di atas jalan raya maupun jalan berlumpur.

Overfender

Overfender custom berbentuk mengkotak dari bahan fiberglass dipasangkan pada keempat rongga roda dengan lebar rata dengan posisi ban. 

Whinch

Walau diskenariokan hanya sebagai kendaraan yang beredar di jalanan perkotaan, namun tetap saja skenario terburuk sebagai kendaraan off-road sejati tidak ditinggalkan. Hal ini nampak pada hadirnya whinch elektrik dan hi-lift jack. 

Interior

Interior asli Katana masih nampak pada bagian dasbor, sedangkan jok penumpang depan dan driver mengunakan tipe bucket seat custom yang dibungkus dengan bahan kulit sintetis. 

Kap mesin

Kap mesin JB31 aka SJ413 Samurai menjadi perangkat yang paling pertama diburu dalam proses transplantasi bodi ini.   Perangkat inilah yang dikatakan sebagai sebab dari segala sebab modifikasi jip ini. 

Kaca spion

Kaca spion milik Suzuki Karimun lawas dipilih untuk memantau bagian belakang kendaraan. Kaca yang lebar dan bentuknya yang proposional menjadi alasan utama dipilihnya spion ini untuk disematkan pada pintu depan kiri dan kanan. 

 

Spesifikasi       

Sasis                              : OEM SJ410 Katana

Body                               : Customized SJ410 Katana

Mesin                              : Suzuki F10A 4 silinder inline 970cc

Transmisi                        : 5 speed manual OEM Katana

Transfercase                  : 2 speed part-time OEM JA11

Gardan                           : JB31

Final gir                          : 8 : 41 (1 : 5.125)

Suspension                    : leaf spring Old Man Emu (depan/belakang)

Sokbreker                      : Procomp 9000ES

Winch                            : Warn 9.5Cti

Bumper                          : custom

Ban                                : Kumho Road Venture MT 31 x 10.5 R15

Pelek                             : ARW 7 x 15

Bengkel                         : Suzuki Drive Terrain 4x4

                                       085861314563

                                   

Penulis  : Suryo Sudjatmiko

Foto  : Bimo S Soeryadi


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
Modifikasi Off-road | Suzuki Escudo 1996
Modifikasi Off-road | Suzuki Escudo 1996
JIP TWITTER FEED
Review Produk