KANAL 4Modifikasi

JIP - Berkecimpung dengan masalah teknis dan engineering memang menyenangkan dan penuh tantangan. Riset merupakan bagian yang paling menantang dan menyita perhatian. “Riset merupakan bagian yang selalu menemui sesuatu yang baru, bagian yang selalu membuat kita awet muda,” ungkap pria yang enggan disebutkan namanya ini.

“Namun jika riset sudah selesai dan berlanjut ke produksi, maka akan ada perubahan dinamika kerja. Yang pasti akan menemui suatu yang monoton dan membosankan,” imbuh pria yang tergabung dalam PT. Dirgantara Indonesia ini. “Agar tetap bersemangat, kami selalu membutuhkan sesuatu yang baru. Salah satu kiatnya adalah mengadakan riset lainnya sebagai relaksasi,” imbuhnya.

Sebuah AMC Jeep CJ-7 yang telah lama teronggok di sudut halaman pun kemudian dilirik menjadi bahan relaksasi. Tak tanggung-tanggung, semua bagian jip Amerika itu diurai dan diamati secara teliti. “Untunglah bagian sasis masih tergolong cukup baik, begitu pun dengan bodi. Namun tidak demikian dengan mesinnya,” terangnya. “Sepertinya mesin ini pernah overheat dan kering oli,” cerocosnya.

Permasalahan tersebut justru disikapi secara positif dan kemudian dijadikan suatu bahan eksperimen baru. Sebuah misi pun dicanangkan yakni membuat CJ-7 ini menjadi lebih baik dibandingkan bawaan aslinya. Karenanya, mesin dan girboks lantas disingkirkan dan diganti dengan kendaraan lain yang lebih moderen dan canggih. “Sudah barang tentu, kami melakukan serangkaian riset untuk membuat kendaraan ini menjadi lebih baik. Bagian yang menjadi perhatian khusus adalah yang tidak terlihat, yakni distribusi berat,” tuturnya sembari menunjukkan bagian sasis.

“Komposisi baru kendaraan ini menyebabkan sisi kiri dan kanan menjadi timpang, oleh karenanya pada sasis sebelah kiri kami berikan pemberat tambahan,” lanjutnya. “Hasil akhirnya, kendaraan ini memiliki berat yang seimbang, dan sudah barang tentu lebih stabil saat digeber, terutama di jalan raya,” tutupnya.

Mesin

Mesin diesel turbo 1KZ-FTV milik Toyota Hilux Surf dipilih untuk menggantikan posisi mesin lama. Walau memiliki tenaga yang lebih kecil dibandingkan mesin bensin 4.2 liter bawaan asli kendaraan, namun torsinya lebih besar dan juga lebih bersahaja penggunaan bahan bakarnya. 

Transmisi

Transmisi 4 speed matik bawaan mesin dipasangkan menggantikan posisi mesin lama. Terdapat beberapa penyesuaian untuk mendapatkan posisi ideal shifter matik dan tuas transfercase.

Gardan

Gardan belakang masih menggunakan bawaan asli Hilux. Dikarenakan gardan depan Hilux menganut sistem suspensi independen, sehingga dirasa kurang cocok dengan kebutuhan. Maka gardan bagian depan pun diganti dengan gardan solid dari Land Cruiser Prado. Sementara untuk suspensinya tetap mengandalkan sistem per daun, karena dianggap lebih simpel dan mudah dioprek.

Ban

Ban lansiran Yokohama dan pelek kaleng menjadi andalan bagi jip ini dalam menjejakkan langkahnya di atas jalanan beraspal maupun tanah. 

Lampu

Sejumlah lampu tambahan menjadi ciri yang menghiasi kendaraan ini.

Footstep

Sepasang footstep custom dipasang pada bagian kiri dan kanan. Peranti ini terbuat dari bahan plat dengan ketebalan 3 mm dan berfungsi pula sebagai sideguard. 

Overfender

Overfender dibuat ulang dari bahan fiberglass dan menggunakan desain yang diambil dari overfender milik TJ Wrangler. 

Spion

Spion milik YJ Wrangler dipilih untuk menggantikan tugas spion lama yang dinilai kurang maksimal memberikan visual bagian belakang. 

Dasbor

Dasbor merupakan paduan antara CJ-7 dan Hilux. Cluster instrumen pada dasbor Hilux diambil dan ditempatkan pada cluster dasbor CJ-7 yang terletak pada bagian tengah dasbor. 

Interior

Interior merupakan kolaborasi antara kendaraan donor dan bawaan asli. Meski dua kendaraan itu sama sekali beda, namun keduanya bisa bersinergi dengan baik.

Konsol

Konsol tengah murni merupakan hasil oprekan bengkel, dan tidak sedikit pun melibatkan perangkat asli bawaan kendaraan ataupun kendaraan donor. Konsol ini dibuat dari bahan aluminium yang dicoating

Winch

Sebuah winch elektrik ditempatkan di bagian depan. Namun kehadiran winch ini menjadi kendala tersendiri, karena lampu sein depan terhalang oleh bodi winch. Sebagai jalan keluarnya, sein dipindahkan ke atas spakbor kiri dan kanan. 

Ring lampu

Agar tampilan lebih gagah, ring lampu diganti model custom yang didisain ulang dengan mengambil inspirasi dari lampu Willys M38. 

         

Spesifikasi       

Sasis                            : CJ-7

Body                            : Customized CJ-7

Mesin                           : 4 inline  Toyota 1KZ-F 3.0 liter Turbo diesel OEM Hilux  Surf N130

Transmisi                     : 4 speed matik OEM Hilux Surf N130

Transfercase                : 2 speed part-time OEM Hilux Surf N130

Gardan                         : OEM LJ78 Prado(depan)

                                     : OEM Hilux Surf N130 (belakang)

Suspension                  : leaf spring custom (depan belakang)

Sokbreker                     : Kayaba (depan/belakang)

Winch                           : Warn Zeon 8

Ban                               : Yokohama Geolandar MT+ 285/75/16

Pelek                            : American Racing 7x16

Jok                               : Hilux N180

Bengkel                        : PT Jala Berikat Nusantara Perkasa (PT Jala)

 

Penulis : Suryo Sudjatmiko

Foto : Bimo S Soeryadi

 

 

 

 

 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
Modifikasi Off-road | Suzuki Escudo 1996
Modifikasi Off-road | Suzuki Escudo 1996
JIP TWITTER FEED
Review Produk