KANAL 4Modifikasi

JIP - Penampilannya cukup sederhana. Jika nampak beberapa penambahan dan penggantikan perangkat penunjang off-road, pun nampak wajar dan tetap menjadikan Suzuki Katana Long milik Mahawira ini tampil sederhana dan bersahaja.

Penampilan low profile tersebut dengan serta merta memudar pada saat menatap lebih lekat modifikasi yang telah dilakukan.

Di mulai dari mesin, di mana tidak lagi nampak mesin 1 liter bawaan asli kendaraan, dan ditukar posisinya dengan mesin 1.6 liter milik Suzuki Vitara. “Mesin Vitara lebih bertenaga dan terasa pas dengan proporsi Jimny LWB,” tutur pria yang akrab disapa Wira ini. “Sebelum dipasang mesin ini terlebih dulu mengalami penyegaran dengan mengganti part dan didongkrak dengan karburator Weber ,” jelasnya.

Gardan sumbu lebar milik Jimny JB31 menjadi pilihan. Akan tetapi Wira memilih mempertahankan final gir bawaan asli JB31 dengan rasio 3,727. “Karena mesin sudah cukup mumpuni, sehingga menggunakan final gir asli JB31. Pertimbangan lain adalah penggunaan di medan on road, terutama di jalan raya. Jip ini masih bisa melesat kencang,” ungkap pria yang berkarier di dunia perbankan ini.

Senjata rahasia untuk off-road ada di kaki-kaki dan transfercase. Kaki-kaki dengan per daun milik Katana diakurkan dengan sistem double sackle missing link dari LowRange OffRoad USA, sehingga travel suspensinya pun menjadi lebih panjang. Sementara untuk transfercase, mengalami perubahan radikal dengan penggunaan rasio Low 4.16 yang juga berasal dari prinsipal yang sama.

“Penampilan sederhana ini menjadi request saya, supaya tidak terlalu mencolok, karena terkadang saya masih pergunakan jip ini untuk mendukung aktifitas harian,” jelasnya. “karena warnanya hijau dan penampilannya kalem bin simpel, maka tak jarang saya menyebutnya sebagai Simply ijo,” kekeh Wira menutup obrolan

Jok

Jok dan sebagian interior dibalut dengan kulit sintetis. Hal ini menyuguhkan kondisi interior yang sederhana namun tetap nyaman dan mudah dibersihkan. 

Mesin

Mesin F10A cukup pas-pasan untuk menghantarkan tenaga dan torsi.  Tugasnya pun lantas diambil alih oleh mesin G16A ex Suzuki Vitara yang sudah sohor sebagai mesin donor untuk Jimny.  Sebelum resmi menghuni kompartemen mesin, jantung pacu baru ini pun mengalami penyegaran dan oprekan untuk meningkatkan vitalitasnya. 

Winch

Winch elektrik ditempatkan pada bumper depan dan menjadi rekoveri kit bagi kendaraan ini. Dengan kekuatan tarik 9500 Lbs cukup leluasa menarik kendaraan dengan  estimasi bobot 1 ton ini. 

Gardan

Gardan sumbu lebar milik JB31 yang lebih lebar 10cm dari gardan bawaan asli Jimny  memberikan kestabilan pengendaraan yang lebih baik dibandingkan gardan yang digantikannya. Suspensi doble sakle yang dinamai missing link racikan LowRange Off-road menyumbangkan peningkatan travel suspensi secara signifikan. Untuk final gir, bawaan asli JB31 dengan rasio 3.727 : 1 masih dipertahankan. Mesin baru ini sudah cukup memenuhi kebutuhan untuk light to medium off-road.

Pelek

Pelek alloy Mickey Thompson dikolaborasikan dengan ban Savero Komodo Extreme menjadi kaki bagi Jimny ini untuk melangkah dijalur off-road maupun on road. 

Spesifikasi

Sasis                   : OEM Jimny LWB

Mesin                  : G16A 1.6 liter 4 silinder inline SOHC OEM Suzuki Vitara

Girboks               : 5 percepatan manual OEM JB31

Trenfecase          : 2 percepatan part-time custom 4.16

Gardan               : rigid axle wide type OEM JB31

                           : rigid axle wide type OEM JB31

Pelek                  : Mickey Thompson 7 x 15

Ban                    : Komodo Extreme 31x 10.5 x 15

Per                     : OEM Suzuki Katana

Sackle                : missing link by LowRange Off-road

Bengkel              : Automodis

Penulis : Suryo Sudjatmiko

Foto : Kodjang


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
Event | Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2016
Event | Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2016
JIP TWITTER FEED
Review Produk