KANAL 4Modifikasi

JIP - Setiap orang yang pernah melihatnya akan berpendapat bahwa kendaraan ini cukup besar. Bukan isapan jempol, namun kenyataannya kendaraan balap milik Yusdar Umar ini merupakan yang paling besar di kelas kendaraan tubular, dan bisa saja yang paling besar dari semua kendaraan balap speed off-road yang ada di Indonesia saat ini.

“Kendaraan ini awalnya adalah sebuah Ford Ranger single kabin yang kemudian secara bertahap berubah menjadi seperti sekarang ini. Ukurannya yang besar itu karena masih menggunakan dimensi Ranger, yang juga digembungkan lebarnya. Selain itu masih mempertahankan wheelbase kendaraannya,” tutur Yusdar.

Sayang sekali, kondisi ini dibayang-bayangi pula oleh gejala overweight yang cukup signifikan. “Memangkas bobot kendaraan masih menjadi pekerjaan rumah kita, Walaupun dengan kondisi kelebihan beban seperti ini, prestasi yang diraih tidaklah terlalu jelek lho,” kekeh bapak 4 anak ini. “Jika bobotnya berhasil dipangkas, sudah dapat dipastikan bahwa performa kendaraan akan lebih baik,” sambung pengusaha bertubuh super kekar ini.  “Rencananya, sasis Ford Ranger yang masih tersisa akan kita ‘babat’ seluruhnya dan diganti dengan dengan bahan pipa yang lebih ringan,” lanjut pria ramah ini.

Semua yang ada sekarang ini berawal dari sebongkah mesin lengkap dengan girboks, transfercase beserta gardannya yang dihadiahkan pada Yusdar dari seorang sahabat.  “Semula saya bingung mau diapakan, tapi kemudian saya ingat kita punya sebuah Ford Ranger yang kondisinya cukup kritis dan tidak produktif  lagi,” tutur pria asal bagian timur Indonesia ini.

“Lantaran balap speed off-road sedang semarak, maka diskusi panjang dengan Daniel Zebedeus dari FadWork melahirkan konsep kendaraan yang seperti sekarang ini,” tutupnya.

Mesin

Mesin V8 GM LS-7 dipinang sebagai sumber tenaga. Mesin ini ditempatkan di belakang kabin penumpang, maka untuk menghirup udara corong dari intake mesin diarahkan mengarah dari kabin.. Kendaraan ini tak hanya berganti mesin belaka, namun juga berganti konstruksi dari front engine menjadi mid-rear engine. Perubahan menjadikan distribusi berat yang lebih ideal antara bagian depan dan belakang . Di atas kertas mesin ini mampu menghasilkan daya sebesar lebih dari 500 hp yang artinya berlipat-lipat dari semburan daya mesin diesel bawaannya. 

Girboks

Girboks otomatis 2 percepatan PowerGlide dikawinkan dengan transfercase lansiran Atlas. Duet keduanya mampu menahan luapan tenaga dan torsi raksasa dari mesin serta menyalurkannya pada ke empat rodanya. 

Radiator

Untuk menjinakkan temperatur mesin, maka sebuah radiator diposisikan di belakang mesin. Untuk proses pendinginannya dipasang 3 unit kipas elektrik pada unit radiator aluminiumnya. 

Knalpot

Sepasang knalpot nampak menjuntai di atas ruang mesin. Peranti hi performa ini mampu mengatrol tenaga mesin di atas kemampuan standarnya. Posisi knalpot yang menjulang ke atas ini memiliki keuntungan untuk melepas panas lebih cepat. 

Suspensi

Suspensi depan  independen dengan torsion bar dan gardan depan asli milik Ford Ranger dibebastugaskan. Suspensi bawaan kendaraan ini pun susah, bahkan tidak ada part racingnya. Sehingga diputuskan untuk mengganti dengan suspensi depan dan gardan milik Toyota Hilux yang memiliki part kompetisi berlimpah, lebih mudah dimodifikasi dan lebih kuat. Penggantian arm suspensi custom pun dilakukan supaya lebih kuat, dan juga lebih mudah menyesuaikan dengan suspensi  kompetisi aftermarket 

Gardan

Gardan belakang mengandalkan solid axle lansiran Dynatrac dengan mengambil basis Dana 60 sebagai gonggolnya. Sistem suspensi  4 links menjadi andalan untuk bagian belakang. 

Sokbreker

Baik suspensi depan dan belakang, kesemuanya mengandalkan sokbreker Fox Racing dengan reservoir. Sokbreker advance ini mampu menahan dan beradaptasi dengan berbagai kondisi medan yang dihadapi, sekaligus mudah untuk penyesuaian. 

Dasbor

Dasbor dan panelnya dibikin sesederhana mungkin dan mudah untuk dibaca. Perangkat ini dibuat dari bahan alumunium yang kemudian dilapisi stiker beraksen karbon, sehingga tidak menyilaukan mata dan lebih enak dipandang. Sepasang jok racing Sparco disiapkan untuk mensuport pengemudi dan navigatornya secara optimal. 

Spesifikasi

Sasis                        : customized OEM Ford Ranger

Mesin                       : GM LS-7 7.0 liter V8

Girboks                    : PowerGlide 2 speed auto

Transfercase          : Single speed Atlas

Gardan                    : Toyota Hilux IFS (depan)

                                  : Dynatrac Dana 60

Sokbreker               : Fox Racing F/R

Jok                           : Sparco

Bengkel                  : FadWork Bandung

 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
Event | Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2016
Event | Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2016
JIP TWITTER FEED
Review Produk