KANAL 4Modifikasi

JIP - Bagi beberapa orang, pikap double cabin dirasa sebagai kendaraan 4x4 yang paling pas untuk diajak adventure off-road. Selain daya muat yang banyak berkat bak-nya, d-cab memang terlahir sebagai kendaraan pekerja. Sudah pasti tahan banting. Karena itulah Yoga pilih d-cab sebagai kendaraan adventure off-road.

“Sebenarnya, saya sudah cukup bosan pergi off-road dengan kendaraan kecil. Pengin cari yang besar dan muat banyak. Tidak salah kan kalau pilihan saya D-Cab?” celetuknya.

Namun begitu, untuk tunggangannya ini Yoga mau cari yang sedikit berbeda. “Minimal d-cab yang populasinya masih sedikit digunakan orang, biar unik…” tambahnya.

Setelah menimbang dari beberapa alternatif, akhirnya pilihan jatuh pada Toyota Hilux N130. Memang Hilux tipe ini tidak banyak populasinya di Tanah Air, “Apalagi saya suka tampilannya, karena mirip dengan Toyota Surf, tapi bodinya masih double cabin,” terang pria muda ini.

Mencari kendaraan yang populasinya tidak banyak, bukan perkara mudah. Yoga cukup luntang-lantung untuk berburu sang N130 ini. Akhirnya ada kabar sebuah Hilux incarannya, “Tapi sempat pikir-pikir lama, karena kondisinya saat itu bisa dibilang setengah bahan,” jelasnya.

Hilux yang ditawarkan, fisik bodi luarnya masih layak untuk ditebus, namun interiornya waktu itu dalam kondisi yang berantakan. “Semua bangku hilang, gak tahu dikemanain. Tapi karena untuk off-road, akhirnya saya hilangkan pertimbangan masalah interior ini, toh masih bisa cari bangku aftermarket,” terang pengusaha properti ini.

Baginya, ciri khas D-Cab adalah bak di belakang dan cabin-nya. “Makanya bak belakang tidak saya tutup dengan kanopi, atau diubah dengan flat-deck. Bak asli tetap seperti adanya. Tapi diubah sedikit dimensinya agar lebih asik saat dipakai off-road,” ucapnya.

Agar lebih enak melahap handicap ‘V’ dan mengurangi panjang badan Hilux, bak pun dipotong sekitar 50 cm mendekat ke sasis. Bagian yang dipotong antara fender dan ujung bak bagian belakang. Jadi bentuk lekukan bak masih terlihat seperti aslinya, hanya terlihat lebih pendek. “Menurut saya malah dimensinya jadi lebih pas, bak-nya tidak terlalu panjang,” celetuknya.

Hilux milik Yoga ini, didesain untuk turing off-road lebih dari dua hari. Dia pun memutuskan untuk tidak terlalu banyak modifikasi. Sebisa mungkin masih dalam hitungan pabrik, mulai dari tinggi dan lain-lainnya. Karena kendaraan untuk off-road turing sebisa mungkin nyaman, dan kendaraan yang nyaman itu tidak berubah jauh dari hitungan bawaan pabrik.

Setuju!

 

Mesin

Mesin diesel Toyota berkode 3L sudah terlalu konvensional dan punya kesan lemot. Karena kebutuhan off-road yang cukup berat, Yoga memutuskan untuk mengganti mesin dengan Toyota 1KZ-TE, yang lebih bertenaga, lebih memupuni saat di trek off-road berat dengan beban yang berat juga.

Suspensi

Beruntung Hilux N130 miliknya versi Australia, karena suspensi aslinya sudah heavyduty dengan sistem over-axle, dan per depan sudah asli reverse shackle. Agar lebih nyaman, Yoga menggantinya dengan per dan shockbreaker dari Old Man Emu (OME), bantingan keras khas tunggangan pick-up pun sudah tidak ada.

Winch

Basic Warn 8274 diupgrade menggunakan top housing double motor dari Miyogi. Kalau masih kurang, Yoga sudah mempersiapkan recovery cadangan, winch PTO custom.

Pelek

Pelek Beadlock dan ban Simex Extreme Trekker 35” jadi pilihan favorit kendaraan off-road di medan berat.

Spesifikasi Teknis

Mesin : Toyota 1KZ-TE

Transmisi : Manual 5 Speed

Gardan : OEM Hilux

Final Gear : 7:37

Air Locker : Yukon Airlocker (Belakang)

Limited Slip Diff : OEM Hilux (Depan)

Per : Old Man Emu (Overaxle)

Shockbreaker : Old Man Emu

Pelek : Beadlock 15”

Ban : Simex Extreme Trekker 35”

Bumper : Custom

Rollbar : Custom

Body Protector : Custom

Tenda Samping : Ironman Awning

Winch : Warn 8274 Upgrade to Miyogi Double Motor (depan) PTO Custom (depan)

 

Teks : Rindra P

Foto : Kodjang

 

 

Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
Utilitas | Diesel Turbo
Utilitas | Diesel Turbo
JIP TWITTER FEED
Review Produk