KANAL 4Modifikasi

JIP - Rony P Sidiq pun tergelak saat ditanya tentang penamaan L200 andalannya. Bukan supaya terkesan sangar lantaran menyandang nama pembunuh kaisar Romawi, Julius Caesar pada 44 tahun sebelum Masehi. Melainkan, pengusaha yang bergerak di bidang perkayuan ini memiliki alasan lain mengapa dobel kabinnya dinamai demikian.

“Saya ambil nama itu dari karakter film kartu Popeye The Sailorman. Nama itu merupakan suatu bentuk penghargaan pada pemilik sebelumnya L200 ini, yang kebetulan wajahnya mirip dengan karakter kartun itu,” jawabnya sembari tertawa berderai. “Entah mengapa saya sangat terkesan, mungkin karena dia orang yang baik hati mau menjual kendaraan kesayangannya pada saya,” imbuhnya

Kehadiran Brutus tak lain hadir dari rasa sayang. “Sebelumnya saya berniat menggunakan Land Rover Defender untuk event Indonesia Off-road Expedition (IOX), namun kemudian muncul rasa sayang pada Landy itu, selain itu biayanya pun cukup besar untuk keperluan event akbar itu,” lanjutnya. “Jadi boleh dikatakan sebagai replacement player, menyelamatkan Landy kesayangan tanpa harus kehilangan moment, event IOX Jogja-Bali 2016,” kekehnya.

L200 dipilih karena memiliki kedekatan emosional dengan Landy. “Di luar negeri termasuk Inggris Raya, mesin L200 berkode 4D56T cukup populer digunakan sebagai mesin donor untuk Landy, karena karakternya mirip dengan mesin 300Tdi,” papar bapak 2 anak ini. “Rasio girboksnya pun cukup bagus dan mendekati,” imbuhnya.

Sayang sekali, suspensi independen bagian depan menjadi penghalang pertama, karena secara teknis cukup sulit mengakurkan dengan ban 35 inci yang diinginkan. Selain itu, pilihan gir, as roda dan produk aftermarketnya sangat terbatas. Maka Rony pun mengambil keputusan besar untuk menggunakan gardan solid satu set lengkap milik XJ Cherokee.

Pilihan ini cukup berani, karena bukan pilihan populer. Namun berdasarkan pengamatan Rony pada salah satu peserta event IOX terdahulu, yang mengunakan gardan Amerika ini pada jip dieselnya, dan ternyata cukup sukses. “Tidak sekokoh milik Hilux atau pun Prado, namun terbukti cukup sukses dan sangat melimpah sparepart aftermarketnya,” ujarnya. “Selain itu, harganya jauh lebih enteng di kantong,” cerocosnya.

Konsekuensi dari pilihan itu ada. Untuk mensinkronkan dengan gardan implan, maka transfercase pun harus diganti dengan milik kendaraan donor. Girboks bawaan pun kemudian dikawinkan dengan transfercase  NP231 menggunakan adaptor.

Sementara untuk penampilannya, pilihan justru jatuh pada dandanan modifikasi negeri kangguru. Hal yang paling mencolok terdapat pada bak belakang flatt deck dengan pintu three way.

So....apa yang menimpa Brutus ini bisa dikatakan sebagai inspirasi Inggris, bahan dari Jepang, diolah ala Amerika dan didandani ala Australia. “Masih ada lagi bro, dirancang oleh orang Indonesia, dimodifikasi oleh orang Indonesia dan digunakan di Indonesia,” tutupnya.

 

Mesin

Mesin bawaan L200 berkapasitas 2.5 liter turbo, tenaga dan torsinya sudah mencukupi. Sehingga tidak sedikit pun mesin ini diutak-atik. Mesin ini pulalah yang membulatkan tekad Rony menjadikan L200 sebagai andalan, karena mesin ini dinilai pas dan cocok untuk swap engine Land Rover, termasuk Defender. 

Transmisi

Transmisi 5 percepatan bawaan kendaraan masih dipertahankan, namun tidak demikian dengan transfercasenya. Supaya matching dengan letak bonggol gardannya, maka kotak transfer ini pun diganti dengan milik XJ Cherokee. 

Gardan

Gardan depan dan belakang diganti dengan milik XJ Cherokee. Gardan ini memiliki part aftermarket yang berlimpah, dan cukup kuat untuk disandingkan pada mesin diesel 2.5 liter ini. Suspensi koil spring 4 links sedangkan belakang mengikuti suspensi bawaan aslinya per daun, sepasang upper control arm ditempatkan untuk menjaga agar kendaraan tetap stabil walau membawa beban sekalipun. 

Gardan XJ Cherokee menggantikan peranti asli yang dirasa kurang kuat dengan penggunaan ukuran ban 35 inci. Gardan depan Dana 30 dijejali dengan limited slip differential (LSD) Truetrack dari Eaton, sementara untuk gardan belakang Dana 35 masih menggunakan LSD bawaan asli kendaraan. Sepasang gardan bikinan Dana Spicer Corp ini juga memiliki pilihan produk aftermarket yang sangat beragam dan relatif mudah didapatkan. 

Ban

Ban Centipede Simex Extreme Trekker berukuran 35 inci dipilih karena reputasinya sebagai penggaruk tanah hutan hujan tropis dan menghadirkan ground clearance yang ideal untuk ukuran dobel kabin. Ban itu dipadukan dengan pelek kaleng milik Daihatsu Terrios. Murmer namun kuat. 

Winch

Winch elektrik Warn M8274 dengan double motor dan sebuah winch hidrolik dipasangkan pada bagian depan  kendaraan. Sementara untuk menjaga rekoveri bagian belakang sebuah winch elektik lainnya di pasangkan di bawah bak flatt deck customnya. 

kabin

Walau memiliki ruang yang cukup lapang, namun bukan berarti tidak memaksimalkan fungsi ruang yang ada.  Salah satu contoh dapat ditemui pada keempat bilah door triming dobel kabin ini yang dimodifikasi sedemikian hingga mampu dijadikan tempat kompartemen barang.

Interior

Interior hanya menyisakan perangkat yang diperlukan saja. Kerangka dasbor orisinal tetap dipertahankan. Tombol-tombol lampu dan winch berjejer, begitu pun dengan tombol panel lainnya. Sementara di atas dasbor dipasang power inverter custom yang mampu dijejali dengan berbagi perangkat charging untuk telpon seluler, GPS  hingga radio komunikasi. Sementara di bagian belakang tersedia pula inverter yang dipersiapkan untuk rice cooker dan lain sebagainya. 

Jok

Jok depan diganti dengan jok bucket aftermarket, sehingga seatbelt 4 titik dapat dipasangkan dengan baik. Untuk jok belakang masih mengandalkan seatbelt bawaan asli kendaraan. 

Snorkel

Snorkel dipersiapkan untuk melahap handicap air yang sangat mungkin ditemui sepanjang event IOX Jogja-Bali nanti. 

Roofrack

Roofrack custom tertanam dengan kokoh pada bodi. Perangkat ini diposisikan untuk menampung sparepart dan tools. Bak asli kendaraan dieliminasi dari posisinya dan diganti dengan bak flat deck three way custom. Bak ini terintegrasi dengan sasis kendaraan, sementara lantainya dipergunakan untuk pondasi roofrack belakang. Barang-barang berat seperti ban serep ditempatkan pada bagian ini, dengan demikian distribusi berat kendaraan pun menjadi lebih baik. 

 

Spesifikasi           

Bodi : L200

Sasis : L200

Mesin : Mitsubishi 4D56 T

Transmisi : 5 speed manual OEM L200

Transfercase : 2 speed NP231 OEM XJ Cherokee

Gardan : Dana 30 (depan)

               : Dana 35 (belakang)

As roda : Chromoli by Nitro (depan / belakang)

Final gir : 4.88 : 1

Locker  : Truetrac EATON (depan)

               : OEM LS

Winch  : Warn M8274 customized Miyogi dual motors (depan)

              : Hidrolik PTO HWN 10.000 lbs (depan)

              : Runva EWXC9500 (belakang)

Pelek  : Ex Daihatsu Terios 6.5 x 16

Ban : Simex Extreme Trekker 35 x 10.5 x R16

Bengkel : NEXT 4x4 Workshop

                : jl. Sindang Sari No.3 Pancasila Tasikmalaya

                : telp (Andi ) 081323017999


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
Modifikasi Off-road | Suzuki Escudo 1996
Modifikasi Off-road | Suzuki Escudo 1996
JIP TWITTER FEED
Review Produk