KANAL 4Utilitas

JIP - Sebuah jip ataupun SUV akan terdongkrak penampilannya menjadi setelah ban diganti dengan profil lebih kasar dan juga berukuran lebih besar. Penggantian ban berukuran besar memberikan keuntungan berupa bertambahnya ground clearance, approach angle maupun depature angle. Sehingga dijadikan solusi wajib untuk menambah kemampuan kendaraan menjelajah daerah yang memiliki kontur permukaan yang buruk.

Namun sebenarnya, ban dengan diameter dan ukuran yang lebih besar menimbulkan efek samping. Pertama, tentunya lebih berat. Penambahan bobot ini tentunya memberikan dampak buruk. “Yang paling sering dihajar adalah kaki-kaki, yang terdiri atas tie-rod, ball joint, disusul bearing dan kemudian as roda,” tutur Bimo Wicaksono dari bengkel Kawan.

“Sah-sah saja mengganti ban dengan ukuran yang lebih gede, namun perlu diperhatikan ukurannya. Semakin besar dan jauh dari ukuran standar pabrik, maka bagian-bagian tersebut semakin rentan akan kerusakan,” lanjut Bimo.

“Kondisi setiap kendaraan tidak selalu sama. Kendaraan dengan gardan kekar seperti Land Cruiser tentu tidak bisa disamakan dengan Jeep CJ-7, walaupun keduanya dikatagorikan dalam kelas yang sama,” lanjutnya. “Namun Land Cruiser sekalipun jika menggunakan ban dengan ukuran lebih besar dari aslinya, maka umur perangkat khususnya sektor kaki-kaki menjadi lebih pendek,” tegasnya. “Dengan demikian, penggantian ban lebih besar memiliki imbas dan risiko pada durabilitas dan kekuatan perangkat tersebut,” imbuhnya.

Bushing, tie-rod dan ball joint menjadi tokoh utama yang paling dahulu KO dalam hal ini. “Bagian ini yang paling banyak berinteraksi dengan permukaan jalanan dan terbuat dari berbagai ragam material, besi, plastik dan juga karet. Karenanya bagian ini paling duluan yang dihajar sebagai efek ban besar,” jelas Komeng dari Komeng Suspension di bilangan Jati Makmur Pondok Gede Bekasi.

“Hal ini berlaku pada semua jenis kaki-kaki , baik itu rigid axle dengan per daun, coil spring maupun suspensi independen,” jelas Leo Firmanto, salah seorang pebengkel dan pemerhati otomotif dari Bandung. “Ban besar memiliki bobot yang lebih besar dan  lebih berat untuk digerakkan,” lanjut Leo.

Bearing alias laher menduduki posisi kedua sebagai bagian yang cepat memble. “Ban dengan ukuran lebih besar memiliki berat yang lebih besar pula. Dengan demikian secara keseluruhan berpengaruh pada bobot kendaraan. Perlu dipahami, bahwa bearing merupakan komponen yang turut menyokong bobot kendaraan (unsprung weight),” tutur Asep Rianto dari Hale 4wheel. “Dengan kata lain, bearing akan berkurang umur dan kekuatannya jika dijejali dengan ban yang lebih besar,” cerocos Asep.

Sebagaimana dua perangkat sebelumnya, as roda pun ikut menderita saat ukuran ban diperbesar. “Akan membuat as bekerja lebih keras. Dengan demikian pada saat as roda memilin ban, maka memiliki stres lebih tinggi, yang menyebabkan as roda menjadi lebih rentan untuk patah, atau setidaknya splinenya terpelintir,” tutur H Endang Gunawan salah satu pengila otomotif dari Bekasi. “Solusinya tak lain dengan mengganti dengan produk aftermarket heavy duty,” imbuhnya. “Namun tetap diingat, walau sudah menggunakan as dengan spesifikasi heavy duty, ban dengan ukuran lebih besar tetap saja lebih riskan, membuatnya patah ataupun rusak,” jelasnya menutup obrolan.

Kita harus sadar bahwa setiap modifikasi ataupun penggantian akan memiliki konsekuensi. Sehingga hal ini akan menjadi dasar kesadaran akan batasan perangkat dan menjadi pertimbangan saat melakukan modifikasi.

Tie rod end dan ball joint menjadi bagian pertama yang dihajar penggantian ban besar. 

As roda dengan spline terkilir ataupun patah sebagian besar terjadi karena penggunaan ban besar 

Bearing apapun itu spesifikasinya didisain untuk menahan hingga batas tertentu. Semakin besar ban , semakin besar pula kemungkinan cepat rusak. 

Thanks to :

Komeng Suspension    : 081807921447

Leo Firmanto                : 08158936441

Hale 4 wheel                : 08157164646

 

 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
Utilitas | Diesel Turbo
Utilitas | Diesel Turbo
JIP TWITTER FEED
Review Produk