KANAL 4Modifikasi

JIP - Sebenarnya kendaraan 4x4 ini punya cerita dan keunikan tersendiri. Salah satu yang unik, karena ini sebuah Toyota Land Cruiser Serie 70 atau biasa dikenal Bundera yang dipakai IOX. Dan pengendaranya H Saifudin Aswari Rifai, dia seorang yang menjabat Bupati di daerah Lahat, Sumatera Selatan.

Tentu, ini bukanlah sembarang TLC Serie 70 pada umumnya. Tunggangan Bupati Lahat ini merupakan Serie 70 tipe BJ74V FRP-Top (Fibre Reinforced Plastic) Mid-Wheelbase. Sama seperti Serie 70 Soft-Top Short Wheelbase, atap fiberglass di FRP-Top bisa dilepas juga dan frame kaca dilipat. Namun hanya bodi FRP-Top yang punya dimensi ajaib, ada di tengah-tengah wheelbase long dan short.

Jelas, ini merupakan varian langka dari keluarga Bundera, dan populasinya lebih banyak di Jepang. Beruntung pria yang akrab disapa Bang Wari ini, berhasil mendapatkan salah satu dari populasinya yang sedikit itu.

Sudah jadi kendaraan yang cukup unik dipakai di IOX karena langka, BJ74V FRP-Top ini rupanya berbeda dari yang ada pada umumnya. Bila melongok ke bagian kolong, tunggangan Bang Wari rupanya sudah menggunakan gardan portal.

Gardan portal ini dicomot dari truk Volvo C303. Kebetulan populasi truk ini cukup banyak di Malaysia, karena pernah digunakan oleh militernya. Akhirnya gardan ini pun sering digunakan oleh off-roader di sana. Bang Wari pun melihat kesempatan, untuk mendapatkan sepasang gardan portal milik truk Volvo militer ini dari Malaysia.

Sebagai warga asli Lahat, Aswari sangat mencintai lokasi tanah kelahirannya. Karena itu, saat IOX tahun ke tiga, Aswari mengajukan diri untuk mengadakan IOX dari Lahat hingga Monas. Dengan harapan, Lahat akan selalu dikenang dan punya cerita menarik, di balik potensi alam dan peninggalan sejarah yang cukup banyak.

Kecintaanya terhadap Lahat pun berimbas pada tunggangannya ini. Namun siapa sangka, Toyota Bundera yang ditunggangi Aswari, merupakan hasil modifikasi para pelajar muda di Lahat. Walaupun ini kota kecil, yang berada di Sumatera Selatan. Tapi para pelajar mudanya sudah dapat mencipatakan sebuah kendaraan yang tangguh.

 Berbekal ilmu teknik yang dipelajari lewat teori, para murid dari salah satu SMK ternama di Lahat harus diacungi jempol. Setelah dipraktikkan langsung, ternyata cukup membuahkan hasil yang bagus. Gardan portal milik Volvo ini, bekerja sempurna saat diaplikasikan pada tunggangan Bang Wari.

Aswari pun sangat mengapresiasi dengan karya pemuda Lahat. Ternyata selama dipakai di IOX 2016 JoLi kemarin, tunggangannya tidak mengalami masalah sama sekali pada bagian gardannya. Semua pemasangan presisi, tunggangannya tetap tangguh dan nyaman. Bravo!

 

Mesin

Varian Toyota BJ74V menggunakan mesin bawaan tipe 1HZ, mesin yang setipe dengan 1HD-T namun punya tenaga lebih kecil, lantaran mesin belum menggunakan turbo. Mesin 4.2 Liter ini mengasilkan tenaga 129 hp dan torsi 285 Nm, lebih dari cukup untuk menghantarkan Bang Wari melalui bengisnya trek di IOX.

Gardan

Walaupun populasi Volvo C303 tidak terlalu popular. Tapi gardan truk buatan Swedia ini cukup populer di kalangan off-roader, lantaran punya ground clearance yang bagus dan ada gigi reduksi lagi di hub rodanya. Hebatnya, instalasi gardan portal ini dikerjakan oleh para remaja dari salah satu SMK di Kota Lahat. Mantap!

Winch

Bagian depan dijejali dengan recovery tangguh. Satu set winch double motor dari Gigglepin 4x4 dan Factory PTO milik Toyota, jadi andalan saat terjebak di handicap

Ban

Sayangnya pelek asli bawaan gardan portal ini sulit diubah, karena baut rodanya ada delapan. Agar tetap aman saat menggunakan tekanan angin rendah, pelek pun dimodifikasi jadi beadlock.

Awning

Awning gulung yang biasa dipasang di teras rumah rupanya bisa jadi inovasi unik. Walaupun janggal, tapi tetap fungsional sebagai tempat berteduh saat camping. Sengaja diletakan di pintu belakang, tempat akses ambil peralatan, aktifitas camping pun tetap berlangsung walau hujan sekalipun.

Jok

Posisi duduk lebih mantap dan nyaman menggunakan jok bucket Mastercraft. Terlebih ini model yang dapat reclining.

Cargo

Ruang bagian belakang disisakan satu bangku, dan menggunakan bangku jenis yang sama dengan Driver dan Co-Driver. Sisa ruangnya diisi dengan sebuah kulkas ARB, dan satu rack cargo untuk menyimpan peralatan camping.

Spesifikasi Teknis

Mesin : Toyota Diesel 1HZ

Gearbox  : OEM Manual 5 Speed

Gardan : Volvo C303 Portal Axle

Pelek : OEM C303 Custom Beadlock

Ban : Simex Extreme Trekker 35”

Bumper : Custom

Sideguard : Custom

Rollbar  : Custom

Snorkel  : Custom

Lampu Sorot : Rigid Industries

Kulkas : ARB Fridge Freezer

Jok : Mastercraft

Cover Jok : Smittybilt

Aki : Optima Yellow Top

Winch : Gigglepin 4x4 (Depan)

              PTO Toyota (Depan)

              Warn M12000 (Belakang)

 

Teks   : Rindra P

Foto    : Bimo SS

 

Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
Utilitas | Diesel Turbo
Utilitas | Diesel Turbo
JIP TWITTER FEED
Review Produk