KANAL 4Modifikasi

JIP - Halim Perdana Kusuma telah cukup lama mengenal Jimny. LJ80 muncul sebagai Jimny pertamanya. Bagaikan candu, ketertarikannya pada Jimny kian menjadi, terlebih setelah berhasil memboyong Jimny SJ410 trepes lansiran 1983. “SJ410 memiliki penampilan lebih moderen, lebih lapang dan lebih mudah dimodifikasi, karena memiliki produk aftermarket dan produk limbah lebih banyak dibandingkan dengan LJ80,” ujarnya. “Setiap modifikasi yang dilakukan, seolah menimbulkan sesuatu yang baru,” jelas anggota satuan Brimob Polda Sumatra utara ini.

“Oleh rekan-rekan, saya pernah dibilang galau karena menginginkan sebuah Jimny bertransmisi matik, nyaman, berpenampilan moderen, unik serta bersuspensi nyaman,” kekeh bapak satu anak ini. “Teman-teman mengatakan demikian karena mereka menganggap keinginan saya terlalu muluk-muluk,” kenangnya.

Sepertinya Halim bertambah galau, hingga suatu ketika ia bertandang ke bengkel Gudang 31 milik Yus Balinio dan berkisah akan keinginannya. “Di sinilah seolah saya mendapat pencerahan, sekaligus jalan keluar,” jelas pengemar bola ini.

“Jurus gado-gado pun menjadi solusinya dan untuk mendapatkan kendaraan yang sempurna, saya pun mencari “bahan” Jimny yang lebih baik, mengingat kondisi Jimny tahun 1983 saya sudah lumayan berantakan,” gelaknya.

Sekitar 6 bulan setelah semua bahan terkumpul, Halim pun bisa tersenyum lebar. “Jimny impian saya telah terwujudkan. Namun teman-teman saya tetap saja menyebutnya sebagai karya galau,” lanjutnya. ‘Menurut mereka jika saya tidak galau, Jimny ini tidak pernah ada,” tutupnya.

Mesin

Mesin 1.3 liter lengkap dengan girboks 3 speed matik milik JB31 diboyong untuk menggantikan mesin F10A dan girbok 5 speed manual bawaan kendaraan. Perubahan ini menjadikan jip lebih bertenaga dan nyaman. 

 

Interior

Interior seutuhnya menggunakan JB31, mulai dasbor hingga jok. Perubahan ini sama sekali tidak menemui kendala, lantaran antara SJ410 dan JB31 menggunakan basis bodi yang sama. 

 

kaki-kaki

Untuk kenyamanan yang optimal, kaki-kaki sepenuhnya menggunakan JB32 dengan per keongnya. Gardan dan sistem suspensi sepenuhnya mengadopsi Jimny generasi penutup dari Gen 2 tersebut. 

Pelek

Pelek milik JB32 dipungut untuk menjadi sepatu. Menurut Halim, dirinya tertarik pada disain palang 7 yang unik dan sulit dicarikan pembandingnya.

Speaker

Satu set speaker custom ditempelkan pada langit-langit. Solusi yang cukup cerdas untuk mensiasati ruangan yang mungil Jimny. 

Roofrack

Roofrack lansiran Thule khusus untuk Jimny berhasil diperoleh dari perburuan barang-barang limbah di negeri Jiran.

Spion

Spion milik Jimny Gen 2-2 yang memiliki disain khas dan ditempelkan pada pilar A didapatkan dalam kondisi prima, nyaris seperti baru.

 

Spesifikasi

Sasis : SJ410

Bodi : SJ410

Mesin  : G13A 4 silinder 1.3 liter SOHC OEM JB31

Girboks : 3 speed automatic OEM JB31

Transfercase : 2 speed part-time OEM JB31

Gardan : Solid axle wide track OEM JB32

Suspensi : coil spring OEM  JB32

Dasbor : JB31

Jok : JB31

Pelek : JB32

Roofrack : Thule

Lightbar : OEM JB31

Sound bar : custom

Bumper : JB31 (depan)

               : JB32 (belakang)

Bengkel : Gudang 31

                  Jl. Balai desa gg Imam no 31 Medan

                  081-260-88326

 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
Utilitas | Diesel Turbo
Utilitas | Diesel Turbo
JIP TWITTER FEED
Review Produk