KANAL 4Modifikasi

JIPKia Sportage generasi ketiga ini menjadi salah satu andalan Kia di dunia, termasuk di Indonesia. Kebetulan, yang kami coba ini edisi sangat terbatas. Hanya ada 20 unit yang diimpor oleh Kia Motor Indonesia. Jadi, mohon maklum bila Anda berminat, kayaknya harus via pesanan khusus.

Penjualannya pun terbilang laris manis, dan diakui sebagai salah satu tulang punggung Kia di Indonesia. Desainnya yang digarap oleh Peter Schreyer memang memikat mata. Apalagi diikuti banyak penghargaan Internasional yang memuji kualitasnya, dari soal keamanan, hingga ketangguhan.

Catatan kami mengenai Sportage diesel ini adalah soal interior, fitur dan kualitas kenyamanan dan handling. Ketika diluncurkan tahun lalu, harganya hanya selisih Rp 10 juta dari Sorento, yang lebih besar dan mewah. Namun fasilitas dan fiturnya lebih mirip Sportage bensin varian paling murah. Dibanding SUV diesel dari pabrikan Jepang, fiturnya ketinggalan jauh. Kecuali panoramic sunroof, yang sayangnya hanya untuk unit tes ini saja.

Suspensi terasa sedikit keras, namun memadai untuk SUV perkotaan. Tapi kemudinya yang sangat enteng menjadi perhatian penting. Untuk dalam kota atau kecepatan rendah, memang lebih praktis dan nyaman. Namun dengan mesin yang bertenaga besar, kemudi enteng butuh konsentrasi ekstra saat melaju kecepatan tinggi. Dan SUV satu ini sangat mudah diajak berlari kencang.

 

Nah, keunggulannya memang soal performa mesin itu. Dari pengetesan tabloid Otomotif, hasil Sportage cukup mencengangkan. Akselerasi 0-100 km/jam diraih dalam 9 detik! Itu 0,3 detik lebih cepat dibanding Sorento, dan memotong waktu Pajero Sport Dakar versi lama, sebanyak 2,3 detik!

Kami cukup merasakan keganasannya saat meliuk di tol Jagorawi. Mesinnya yang berpasangan dengan transmisi otomatis 6-percepatan tak pernah kehilangan tenaga. Dari kecepatan rendah, cruising, hingga kecepatan 3 digit, pijakan pada pedal gas akan membuat Anda tersenyum merasakan akselerasi. Dan dijamin kaget melihat angka spidometer yang mudah melejit.

Enaknya lagi, sebagai SUV diesel modern, konsumsi solarnya pun terhitung ramah. Menjelajah Jakarta dan seputar Bogor, cukup meneguk 13,1 km/liter. Dengan desain yang “ganteng”, tenaga besar serta konsumsi solar yang ramah kantong, Sportage diesel ini jadi pilihan menarik.

 

Spesifikasi Teknis

Mesin : Diesel 4-silinder 1.999 cc CRDi VGT

Tenaga : 175 dk @ 4.000 rpm

Torsi : 382 Nm @ 1.800 rpm - 2.500 rpm

Transmisi : Otomatis 6-percepatan

Wheelbase : 2.645 mm

Ban : 225/60-R17

Suspensi : Depan Independent MacPherson Strut

   Belakang Multi Link dengan Coil Spring

Rem : Disc dengan ABS + EBD

 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
Utilitas | Diesel Turbo
Utilitas | Diesel Turbo
JIP TWITTER FEED
Review Produk