KANAL 4Event

JIP - Di tengah meredupnya kompetisi adventure belakangan ini, angin segar justru berhembus dari Jawa Timur. Gelaran National Offroad Xtreme Challenge (NOXC) 2016, yang rencana digelar 4 kali, boleh dibilang  menjadi event berseri yang pertama kali bergulir di tahun ini. Adalah kolaborasi IOF Pengda Jatim dan Pengprof IMI Jawa Timur yang mensupport event yang digerakkan oleh Galena 4x4 dan Tulungagung 4WD Community.

Seri I dihelat di Bukit Hollywood, Gresik, lokasi yang cukup ideal dengan perbukitan hijau yang menawarkan pemandangan menarik. Enam SCS digelar selama 2 hari helatan, 42 offroader yang tidak hanya datang dari Jawa Timur turut meramaikan. Hadir offroader dari Jawa Tengah, Bali, Palembang hingga Makassar pun tidak ketinggalan. Dukungan kontur tanah perbukitan menjadi daya tarik tersendiri dan cukup variatif. Trek racikan Ikhya Ulumudin, yang lebih dikenal dengan Mendol, menyajikan perpaduan karakter yang berimbang antara speed dan juga teknikal adventure.

Di hari pertama bisa dibilang SCS 2 yang banyak mengganjal peserta, di salah satu titik lebih dari 8 mobil terpaksa, atau tepatnya dipaksa klontang. Salah satunya pasangan Aziz Yurianto/Ahong dari tim Galena Logistik. Memang, butuh perhitungan matang mengambil handicap ini. Celah sempit di tanjakan negatif, pohon sebelah kiri dan batu besar di kanan. Salah perhitungan, ban depan kanan naik batu, besar kemungkinan klontang. Dalam upaya menyelesaikan lomba, pasangan ini berusaha membalikkan mobil, hanya saja posisi mobil dan terjepitnya plasma memaksanya menyerah karena BWTM. Namun dengan defisit 1 SCS yang DNF, pasangan ini bermain cantik si SCS lainnya dan mampu merebut posisi 3.

Performa mengejutkan justru datang dari  Aldhy Aldrial/Pandu yang membela tim asal Makassar, Anta Jaya Racing Team. Tidak terlalu diperhitungkan, namun bermain ciamik sepanjang SCS. Posisi ke 2 menjadi raihan terbaiknya di seri perdana ini. Posisi teratas masih didominasi Dek Ray, yang kali ini berpasangan dengan Herman. Dek Tung yang biasa menjadi tandemnya kali ini hanya bisa menonton karena cidera tangan. Offroader tim Dasico Racing Management, seperti biasa bermain trengginas. Sempat terkena kendala dengan as roda belakang kiri, namun tidak menyurutkan tempo balapannya. Selamat Dek Ray !

“Dengan animo peserta yang cukup tinggi, utamanya yang berasal dari luar Jawa Timur, event ini boleh dibilang Kejurda namun berasa Kejurnas,” papar  Sunaryo, Ketua Umum IOF Pengda Jawa Timur. “Nantinya yang terbaik dari 4 seri ini akan diganjar 1 unit mobil baru.”

Acungan jempol buat penyelenggaraan even  NOXC seri perdana ini. Event yang dikomandoi Alex Galena ini berjalan rapi. Asnan Andi Setiawan, selaku pimpinan lomba juga terbilang ketat dalam penentuan waktu. Alhasil seluruh rangkaian kompetisi bergulir lancar dan tepat waktu. Salut !

Masih ada 3 seri tersisa, Seri 2 akan digelar di Lumajang 13-15 Mei, Seri 3 Tulungagung 4-6 November dan seri penutup di Gempol Pasuruan, 02-04 Desember. Gaspoll…!!

 

Naas menimpa pasangan Andrew Vincent/Muh Harum, yang mengalami pecah pelek depan kiri di SCS 4 saat pagi hari kedua . Pelek pengganti datang kurang dari setengah jam waktu lomba berakhir. Berjibaku dengan waktu, akhirnya pasangan ini berhasil masuk box start di SCS 5. Namun belum 50 meter lepas dari start, mendadak mobil bermesin LQ dengan supercharger ini berhenti. Belt mesin lepas, pasangan ini kembali berjibaku membenahinya. Beres, 50 meter ke depan belt lepas lagi. Namun kembali bisa diperbaiki dan pasangan ini kembali melesat. Di sebuah tanjakan di SCS yang sama, lagi-lagi Vincent didera masalah, kali ini menimpa as rodanya. Alhasil pasangan ini gagal meneruskan lomba. Apes …..

Offroader tim Anta Jaya Racing Team Makasar Aldhy Aldrial, datang tidak diperhitungkan, namun menuai hasil yang optimal. Berpasangan dengan Pandu yang selama ini berduet dengan Wahyu Lamban Jatmiko, pasangan ini bermain ciamik. Hadirnya Wahyu di sepanjang gelaran juga turut andil tim ini menggapai hasil optimal.

Jadi satu-satunya offroader wanita yang turun di gelaran ini, Natasha Devianti yang berpasangan dengan Purwanto dari tim Banteng Merah Offroad Team, Bojonegoro. Bermain cukup baik di hari pertama, namun di hari kedua ia mengakui performanya menurun.

Salah satu handicap tanjakan di SCS 6, hanya memberikan dua pilihan, gaspol atau gas tanggung tapi harus nge-winch. Krisna Didit/Heri Setiawan dari tim Galena Logistics Sidoarjo memilih opsi pertama. Standing dan terbang hehehe… Bermain cantic, hanya saja tidak mendapat poin di SCS 2 karena diskualifikasi. Alhasil pasangan ini harus cukup puas di posisi 4.

Inilah handicap di SCS 2 yang sebenarnya tidak terlalu sulit, namun memang tricky. Ragu-ragu bisa nyangkut pohon, gaspol batu di kiri siap bikin tumpah. Walaupun sempat ‘hampir’, namun Joko Permana/Sumali Samsul bisa melewatinya dengan aman dan mencatat waktu tercepat di SCS ini.

Tonny Corenk/Suradi dari tim Corenk4x4, Jombang tidak beruntung di seri ini. Kendaraan tunggangannya kerap dilanda masalah. Salah satunya yang terjadi di SCS 6, setelah PTO-nya mengalami trouble. Akibatnya pasangan ini tidak bisa finish di SCS ini.

Pasangan offroader tim Grage Zebra Offroad,  Sumardji/Untung Bajol, belum bisa menuai hasil maksimal di seri perdana ini. “Masih kaku karena sudah lama tidak main,” ujar Cak Mardji.

Salah satu korban dari SCS 2, Yudhi Trio/ Kacong dari Surabaya Offroad Club. Namun karena tidak mau sendirian, rekan satu timnya Andre Somalinggi/Shio yang start tidak lama setelahnya juga diajak ‘bobo manis’. SOC memang kompak beb…. Hehehe

Hasil Lomba :

1. 31 Dek Ray/Herman Dasico Racing Management Bali 607

2. 72 Aldhy Aldrial/Pandu Anta Jaya Racing Team Makasar 485

3. 36 Aziz Yurianto/Ahong Galena Logistics Sidoarjo 485

4. 07 Krisna Didit/Heri S Galena Logistics Sidoarjo 475

5. 57 Denda Cipta/Lingga S Sendang 4x4 Kartasura 468

Kelas Eksekutif

1. 07 Krisna Didit/Heri S Galena Logistics Sidoarjo

2. 99 Joko Permana/Sumali S Galena Logistics Sidoarjo

3. 68 Sumardji/Untung B Grage Zebra Offroad Team Surabaya

 

Penulis- Foto : Kodjang

 

 

Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
Event | Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2016
Event | Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2016
JIP TWITTER FEED
Review Produk