KANAL 4Modifikasi

JIP - Gak pernah terbayang Honda melansir pikap d-cab. Apalagi di Indonesia, tetapi ini di Amerika. Amerika, memang surganya penggemar pikap 4x4, dan sudah membudaya di negara bagian tertentu. Pada 2005 silam, Honda Amerika pun melansir Ridgeline pertama, yang banyak dinilai revolusioner saat itu.

Di kelasnya, Honda Ridgeline langsung mendapat pujian sebagai salah satu pikap terbaik, dengan konsumsi bbm (bensin) irit serta tingkat kenyamanan tertinggi. Saking bagusnya, tiga tahun kemudian, pada 2008, Toyota dan GMC pun menelurkan produk yang mengikuti beberapa teknologi Ridgeline yang revolusioner.

Sayangnya, arus permintaan pasar berkata lain. Rupanya penyuka pikap 4x4 masih mengutamakan karakter asli pikap serbaguna. Mereka ramai-ramai kembali ke teknologi lawas, Chevrolet membuat Colorado, dan Toyota membuat Tacoma. Dari situ, Ridgeline pun mulai memudar. Penjualannya terus turun hingga akhirnya distop pada 2014.

Nah, kini Honda kembali ke dunia d-cab. Bedanya, kali ini mereka mengikuti pakem filosifi desain Honda sebenarnya. Bila Ridgeline pertama mengotak seperti pikap khas Amerika lainnya, yang terbaru ini tampil lebih manis. Sosoknya sedikit mengingatkan pada CRV, SUV mereka yang sukses di Tanah Air.

Tentu saja, segala kelebihan khas Honda ada di sini. Termasuk sistem gerak front wheel drive sebagai dasar, dan sistem 4x4 sebagai opsi. Kepraktisan khas juga diterapkan dalam beberapa fungsi Ridgeline, yang gak ada di pikap d-cab lain, seperti ruang penyimpanan tambahan di bawah bak belakang. Serta pintu belakang (tailgate) yang bisa dibuka ke samping, maupun ke bawah.

Satu kelebihan Ridgeline dari versi pertama, adalah kenyamanan tinggi serta interior yang lebih lapang. Ini pun dipertahankan pada varian 2017 ini. Malah, mereka juga mengupgrade ketangguhan suspensi serta sasis, agar fungsinya sebagai pikap tetap terjaga. Soal daya angkut ini, Ridgeline diklaim sebanding dengan kompetitor terbaik di kelasnya.

Soal mesin dan transmisi, ini yang sangat berbeda dari d-cab kita. Di Amerika, pikap bermesin bensin masih banyak, meski mesin diesel jadi favorit lantaran irit. Maka Honda memasang mesin bensin V6 3.500 cc ke Ridgeline. Meski tenaganya biasa saja, 280 dk dengan torsi 355 Nm, tapi sudah lebih baik dari kompetitornya. Sementara konsumsi bbm, paling irit, hanya kalah dari kompetitor yang bermesin diesel. Yakni berkisar 7,4 km per liter.

Mesin

Lihat layout mesin, melintang khas mobil penggerak roda depan. Mesin V6 bensin ini bertenaga 280 dk dengan torsi 355 Nm.

2005

Model pertama, dengan teknologi unibody. Tampilan masih didominasi sudut mengotak khas pikap Amerika.

 

Kabin

Mewah dengan citarasa yang sangat Honda. Jauh berbeda dibanding pembuat pikap d-cab lain.

Pintu 2 arah

Pintu tailgate yang praktis, bisa dibuka menyamping atau ke bawah.

Laci didalam bak

Laci tersembunyi di dalam bak belakang, Ibarat bagasi pada mobil sedan, kompartemen ini praktis untuk menyimpan perlengkapan pribadi tanpa mengganggu muatan bak.

Teks : Farman Bahar

Foto : Honda


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
Event | Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2016
Event | Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2016
JIP TWITTER FEED
Review Produk