KANAL 4Modifikasi

JIPPerfeksionis merupakan kosakata yang cocok ditujukan pada sosok yang minta dipanggil M ini. Di matanya semua harus sesuai dan sempurna, termasuk dalam mendandani kendaraan kesayangan. Keinginan M untuk meminang Prado sudah terpendam cukup lama. Waktu adalah pengorbanan terbesarnya untuk mendapatkan sosok Prado dengan kondisi jempolan. Hanya ada dua pilihan Prado dalam benaknya, yakni 70 dan 90 series bermesin diesel. Pilihan yang lumayan susah lantaran keduanya merupakan barang langka di Tanah Air.

Land Cruiser Prado 90 series lansiran tahun 2000 pun akhirnya jatuh sebagai pilihan. Kondisi yang nyaris sempurna yang melatari pengambilan keputusannya. “Sedikit disayangkan karena saya dapat versi manualnya. Namun belakangan saya baru paham, ternyata Prado saya ini merupakan versi favorit untuk perjalanan jauh dan direkomendasikan untuk menarik caravan,” jelasnya. “Transmisi manual inilah yang menjadikan Prado muncul sebagai kendaraan dengan towing package. Untuk Prado 90 Towing Package hanya ada untuk versi girboks manual,” lanjutnya.

“Prado ini merupakan versi Australia, maka saya pun segera memutuskan untuk berburu barang orisinal maupun aftermarket Australia, bahkan barang-barang versi Jepang saya coret dari daftar,” kekehnya. “SUV ini harus murni jadi ‘Kangguru’,” gelaknya.

Perburuan part dan aksesori ala Ostrali pun dilakukan. “Modifikasi yang dilakukan menganut gaya off-road long trip. Tapi saya juga nggak mentah-mentah mengandalkan produk dari negri kangguru. Hasil olah pikir anak negeri pun ada lho,” tutupnya.

Mesin

Mesin SOHC 2.982cc diesel turbo intercooler mampu menghela tenaga, namun sepertinya hal tersebut tidaklah cukup memuaskan M. Ia pun memasang piggyback supaya hasil output mesin dapat terkoreksi lebih tinggi. Hasil dyno, tenaga bertengger pada angka 162 hp dan torsi 390 N.m.

Suspensi

Mencari suspensi lift kit untuk 90 series Prado cukup sulit. Di pasaran lokal lift kit suspensi Fortuner lebih mudah didapat. Dengan sedikit berspekulasi, M pun akhirnya mencomot suspensi lift kit untuk Fortuner lansiran Old Man Emu, dan ternyata hasilnya pun cukup menggembirakan. Tak hanya lebih jangkung, bagian depan yang terbebani oleh winch pun tidak menunduk, handling tetap baik dan kenyamanan terjaga.

Tangki bahan bakar

SUV berkelir biru ini telah dibekali dua tangki bahan bakar sekaligus oleh pabrikannya. Tangki utama berkapasitas 90 liter dan tangki keduanya mampu menampung 69 liter solar. Menurut info yang ada, versi dual tanks ini merupakan optional. Tidak semua Prado 90 series dilengkapi dengan tangki bahan bakar ekstra, walau itu versi Australia sekalipun.

Dasbor

Kemewahan pada dasbor cukup kentara, namun sama sekali tidak mengurangi aspek fungsi. Intrument pada dasbor dapat disimak dengan baik. 

Warn 

Sebuah Warn 9.5 Ti pun dihadirkan pada SUV ini. Karena tidak mau ‘merusak’ wajah Prado, maka bumper pun harus rela dipotong supaya braket winch bisa terinstal dengan baik. Sepasang lampu tembak hadir dan ditempatkan pada light bar dengan disain unik. 

Vehicle

Vehicle Identification Number (VIN) yang terpasang pada firewall menunjukkan identitas kendaraan termasuk juga versi di mana kendaraan tersebut diedarkan. Terpampang jelas bahwa kendaraan ini merupakan versi Australia. Khusus untuk transmisi manual dengan dual tangki bahan bakar adalah versi long jurney dan direkomendasikan untuk menarik (tow) caravan. 

Talang air

Modifikasi SUV ini fokus pada mengoptimalkan apa yang telah diberikan pabrik, di antaranya pemasangan towing hook heavy duty. Optimalisasi dalam hal kosmetik pun tidak ketinggalan. Talang air, defelekta depan dan belakang orisinal untuk Toyota Australia berhasil juga diperoleh dan mendongkrak penampilan SUV ini. 

Snorkel

Prado yang satu ini belum pernah dipergunakan untuk off-road apalagi untuk ‘nyilem’ ke dalam kubangan dalam. Namun sebuah snorkel lansiran Safari Snorkel telah disiapkan dan bahkan si pemilik pun rela menjebol fender, supaya snorkel ini benar-benar berfungsi dengan sermpurna dan bukan hanya pajangan. 

Ban

Ban BFGoodrich banyak disebut sebagai obat ganteng pada kendaraan yang memakainya. Ban ini dikolaborasikan dengan pelek kaleng bawaan 90 series Prado dengan level yang lebih rendah dibandingkan Prado milik M yang dilengkapi pelek alloy. Penampilan jadi lebih klasik dan menarik. 

Spesifikasi

Sasis : Land Cruiser Prado KZJ95

Bodi : Land Cruiser Prado KZJ95 

Mesin : 1KZ-TE 4 silinder inline 3.0 liter  turbo diesel

Piggyback : Dastek Unichip

Girboks : 5 speed manual

Transfercase : 2 speed part-time

Suspensi : Old Man Emu Suspension lift kit

Pelek  : OEM Prado 6.5 x 16

Ban  : BFG Goodrich T/A 275/ 70/R16

Deflect  : OEM Toyota Australia

Talang air : OEM Toyota Australia

Winch : Warn 9.5 Ti

Lampu aux : Warn SDB dual beam:

Winch braket &light bar : W-Design

Bengkel   : Autodyne - 0816905125

                : Wayan - 0817149797


 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
Modifikasi Off-road | Suzuki Escudo 1996
Modifikasi Off-road | Suzuki Escudo 1996
JIP TWITTER FEED
Review Produk