KANAL 4Modifikasi

JIP - Hobi otomotif kian tak berujung, mulai roda dua sampai roda empat. Medan on-road maupun off-road sama-sama menarik, tinggal bagaimana mengemasnya. Lantas soal penampilan jip kembali ke selera sang pemilik, tak ada salah atau benar dengan gaya yang dikemas oleh sang penunggang.

Bagi yang doyan off-road, si pemilik akan upgrade jipnya supaya tahan banting di medan offroad. Bagi pecinta jip klasik, si pemilik akan merestorasi jipnya semaksimal mungkin, hingga mendekati kondisi awal dari pabrik. Atau bisa jadi justru modifikasi yang diterapkan keluar dari kodratnya. Anda yang mana?

Land Rover seri I ini bisa dijadikan inspirasi, bahkan memotivasi dalam merestorasi tunggangan asal Inggris ini.

Kendaraan ini saya temukan di Bengkel milik Mas Mugi di bilangan Tebet, Jakarta. Ketika berkesempatan mengunjungi Bengkel Klinik Land Rover ini, keberadaan Seri I berkelir hijau ini mencuri pandangan mata saya.

Padahal belum sepenuhnya jadi, tampilan Seri I pikap sudah terlihat memukau. Setelah ditelusuri lebih lanjut, sang pemilik berasal dari Yogyakarta. Kebetulan sekali!

Selang dua bulan, rupanya si Pikap siap pakai dan sudah kembali ke pemiliknya. Jika dilihat dari kendaraannya, terlihat sang pemilik merupakan salah satu yang fanatik dalam hal restorasi.

Sang pemilik yang juga gemar 'mainan' VW dan mobil klasik ini, mulai tertarik pada Land Rover sejak 18 tahun lalu. Tak main-main, fanatiknya pada kendaraan klasik terbukti pada VW miliknya, yang sering mendapat gelar pemenang best original interior. Hmm, lantas bagaimana cerita di balik Land Rover Seri I pikap?

“Saya suka varian langka dan susah didapat. Mungkin untuk seri I kanvas masih bisa dicari, tapi kalau pikap saya rasa lebih langka. Itu yang bikin saya suka,” sambut pria berumur 46 tahun ini.

Kenyamanan bukan jadi patokan utama dalam memilih tunggangan. Dia mengaku, pernah punya Toyota Land Cruiser yang jauh lebih nyaman. Namun malah berpaling ke Land Rover. “Karena saya suka dengan ketidaknyamanan Land Rover, ketangguhannya dan perlu perlakuan khusus,” ungkap Dr. Wikan Utomo.

Ada-ada saja...

Sekitar satu setengah tahun lalu, Dr. Wikan mengaku tak sengaja mendapatkan varian langka ini, “Sebelumnya sudah lihat foto, tetapi tidak tahu punya siapa, tidak sengaja dapat informasi dari teman VW di Semarang, tapi barang ada di Jakarta. Akhirnya bisa ketemu, walaupun harus dengan proses negoisasi yang lama.”

Awalnya Dr. Wikan sempat ragu, karena info yang tersiar harganya selangit. “Setelah berhasil menghubungi pemiliknya. Ternyata harganya jauh dibawah asumsi saya, dan setelah nego harga turun banyak, bahkan dibayar tempo dua kali…” imbuhnya.

Tak ingin sembarangan pilih bengkel, Dr. Wikan selektif dalam hal ini. “Saya meluangkan waktu keliling ke bengkel-bengkel Landy, akhirnya saya datang ke Klinik Land Rover melihat langsung cara kerjanya. Lihat hasilnya pas di hati,” ungkap pria yang berprofesi sebagai dokter umum ini.

Beruntung dan jodoh, dua kata tersebut ditegaskan untuk menggambarkan kisah memperoleh Landy idamannya. Sampai akhirnya menemukan bengkel yang tepat. “Saya pikir ini pasti giliran saya harus antri lama. Eh, setelah seminggu Landy ditangani ada kabar dari Mas Mugi, Landy saya bisa langsung masuk. Beruntung sekali,” cetusnya dengan bangga.

Tampilan original selalu menjadi prinsip utama dalam melakoni hobinya. Satu tahun jadi waktu yang pantas melihat hasil kerja Mas Mugi. “Saya juga pengin buktikan bahwa Jogja juga punya Land Rover bagus. Terlebih bisa memberikan inspirasi dalam membangun Land Rover Seri I,” tutup Dr. Wikan.

Tampak tak ada yang berbeda pada pintu belakang Si Pikap. Merasa kesulitan mencari pintu original yang tak kunjung diperoleh, pintu custom hasil tangan lihai mas Mugi pun tak jadi masalah bagi sang pemilik. Lampu sein di bawah bumper sengaja ditambahkan supaya pandangan belakang lebih terang.

http://jip.co.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_06_05_13_49_S1%20(13).jpg

Tak banyak yang disentuh pada ruang mesin, lantaran mesin dalam kondisi prima, hanya membutuhkan servis ringan. Karburator menggunakan Seri III bawaan dari pemilik sebelumnya, sengaja belum diganti sembari memburu karburator Seri I. Mesin berkapasitas 1.997 cc ini mulai diperkenalkan tahun 1954.

http://jip.co.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_06_05_13_10_S1%20(5).jpg

Sementara terpasang satu wiper di sisi kaca pengemudi, wajar jika pernak-pernik Seri I memang sulit dicari. Wiper dan motor wiper di sisi kiri dalam masa perburuan.

http://jip.co.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_06_05_13_28_S1%20(8).jpg

Transfercase dan girboks original masih tangguh mengemban tugasnya.

http://jip.co.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_06_05_13_10_S1%20(4).jpg

Spion di atas spakbor dengan batang pendek menjadi identitas Seri I yang tak boleh ditinggalkan.

http://jip.co.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_06_05_13_49_S1%20(12).jpg

Jok depan dengan 3 seat hanya dibungkus ulang dengan bahan sintetis, sedangkan setir Seri I masih gagah terpajang.

 

Spesifikasi Teknis

Mesin                           : OEM Seri I

Girboks                                   : OEM Seri I

Final gir                                   : 4:7:1

Transfercase                : OEM Seri I

Gardan                                    : OEM Seri I

Pelek                           : OEM Seri I R16

Ban                                          : Goodyear Xtra Grip 6.50 x 16

Per                                           : OEM Seri I

Sokbreker                    : Mitsubishi

Bodi                             : OEM Seri I

Setir                                         : OEM Land Rover Series 1

Bengkel                                   : Klinik Land Rover

 Jl. Dr.Saharjo/Jl.Keselamatan 1 No.5 Tebet - Jakarta       

 Telp. 08129936056 (Mugi)


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
Event | Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2016
Event | Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2016
JIP TWITTER FEED
Review Produk