KANAL 4Review Product

JIP - Alam Indonesia begitu kaya dan memiliki berbagai macam medan off-road yang cukup berat dan spesifik. Selain itu komunitas off-road di Indonesia merupakan komunitas yang sangat berkembang dengan pesat. Sayang sekali di negeri ini tidak banyak menghasilkan produk pendukung off-road yang bermutu. Tidak banyak bukan berarti tidak ada. Flathead salah satunya.

Awalnya berawal dari penggila off-road yang memiliki latar belakang di dunia teknik dan ingin membuat sendiri perangkat off-road yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Ishak Yuda pun mulai melakukan beberapa eksperimen. Dibantu dengan beberapa orang temannya yang menguasai metalurgi iapun memulai menggulirkan Flathead. “Awalnya hanya untuk sendiri, namun kelamaan banyak teman yang ingin juga. Maka nyemplunglah di dunia fabrikasi alat-alat off-road,” jelas pengguna Jimny Sierra ini. Setelah memperkenalkan fairlead, Flathead pun beranjak ke peranti lain yakni snatch block

Snatch block Flathead dibuat dengan material pilihan yang kuat dan dibuat dengan tingkat kepresisian yang cukup mengesankan. Terdapat 2 pilihan produk yang bisa diambil yakni 16.000 lbs dan 20.000 lbs. 

Produk 16.000 lbs ini memiliki keunikan pada pulleynya. “Produk ini bisa dikatakan maintenant free karena tidak perlu dilakukan pelumasan tambahan. Pulley terbuat dari bahan polyurethane heavy duty yang memiliki sifat seft lubricated. Bahan ini yang sering dipergunakan dalam industri perkapalan dan pertambangan minyak lepas pantai. Karena pulleynya tidak terbuat dari bahan metal maka terbebas pula dari karat,” terang Yuda.

Sementara produk 20.000 lbs merupakan produk heavy duty yang diperuntukkan bagi pekerjaan yang sifatnya kasar. “Selain memiliki kapasitas 4000 lbs ( sekitar 1,8 ton) lebih besar. Tujuannya memang difokuskan bagi kendaraan dengan ukuran yang lebih besar dan berat,” sambung Yuda. “Pada bagian asnya terdapat nipel untuk memasukkan gemuk. Memang jenis ini harus ada perawatan rutin supaya pulleynya tetap berputar dengan sempurna,” cerocosnya. “Karenanya tipe 20.000 lbs ini lebih berat 0,3 kg dari versi maintenant freenya,” ujarnya.

Baik tipe 16.000 lbs maupun 20.000 lbs sama-sama mampu diaplikasikan untuk penggunaan sling baja maupun plasma. Ukuran yang direkomendasikan hingga 12mm baik tipe baja maupun sintetik rope. Kedua produk Flathead dilapisi dengan powder coating berwarna orange. Tujuannya supaya mudah terlihat oleh orang yang menggunakannya. “Kedua produk ini kami produksi sesuai dengan harga menarik. Untuk tipe 16.000 kami jual dengan harga Rp.500 ribuan, sedangkan tipe 20.000 lbs kami patok di range harga Rp.600 ribuan,” imbuhnya.

Pada beberapa waktu silam kedua prototipe snatchblock Flathead ini diuji langsung diajang Indonesian Off-road Expedition 2016 dengan hasilnya cukup mengembirakan. Selain itu produk ini pun telah merambah Eropa Timur. Justru sebelum dipasarkan di Indonesia Ukrania menjadi negara pertama yang menggunakannya. “Awalnya ada kolega dari sana yang main di Indonesia ketika barang produksi kami ini baru kelar dari line produksi. Rekan kami itu kemudian membawanya pulang ke negaranya. Sepertinya ia cocok dengan produk tersebut dan selang beberapa waktu kemudian ia melakukan pemesanan ulang,” tutup Yuda.

Proud made in Indonesia.

 

Flathead distributor

Nectar 4WD : 0812.970.38438

Toko Jip 79   : 0819.111.21279


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
Event | Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2016
Event | Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2016
JIP TWITTER FEED
Review Produk