KANAL 4Utilitas

Bersih Darah Rem
Ngoprek
kuras oli rem
Penulis : Suryo Sudjatmiko |

JIP - Pengereman dengan daya mekanik bisa dihitung dengan jari, selebihnya sistem rem hidraulis yang mendominasi. Selain melibatkan rangkaian perangkat seperti pedal rem, master rem dan sebagainya. Rem hidraulis menggunakan media cairan untuk bekerja. Cairan yang mengandung bahan dasar ethylene glycol ini bagaikan darah, yang harus dimampatkan melalui jaringan pipa dari master silinder atas menuju silinder bawah pada setiap roda.

Bahan baku ethylene glycol yang terkandung dalam brake fluid alias minyak rem menjadikannya tahan akan suhu rendah dan suhu tinggi. Dengan demikian, kendaraan masih mampu bekerja pada kondisi suhu ekstrem sekalipun. Walau demikian, di beberapa kasus khususnya kendaraan balap atau performa tinggi, minyak rem ini masih harus didinginkan dengan menggunakan oil cooler.

Kembali ke minyak rem, proses pengereman yang terjadi menyebabkan interaksi antara cairan tersebut dengan semua peranti yang terdapat pada sistem konstruksi rem. Proses kerja rem tersebut mengakibatkan keausan pada beberapa peranti. Seal rem dan rumah silinder menjadi bagian yang paling mudah terkikis. Sisa kikisan inipun kemudian bercampur dengan minyak rem. Cairan yang semula bersihpun lambat laun menjadi kotor dan keruh karena proses itu.

Dengan cairan yang tak lagi bening, maka kinerja rem pun sedikit banyak akan turun. Tidak menutup kemungkinan, karena residu tersebut terjadi penyumbatan pada jalur rem. Singkatnya supaya kondisi pengereman tetap prima, minyak rem pun harus diganti secara berkala.

 “Biasanya pabrikan kendaraan menyarankan untuk melakukan penggantian minyak rem setiap 50.000 km,” tutur Bimo Wicaksono dari Bengkel Kawan di kawasan Pondok Gede Bekasi. “Namun bisa juga dengan mengamati perubahan warna minyak rem yang berada pada master rem atas ata master cylinder assembly. Minyak rem bisa bermacam-macam warnanya, apabila warna pada master rem tersebut menjadi lebih tua dan keruh atau bahkan memiliki endapan, maka suatu indikasi waktu pengurasan,” sambung pria ramah ini. “Rem pun butuh cuci darah juga lho,” kekehnya sambil menutup perbincangan.

Seperti apakah langkah ‘cuci darah’ tersebut? Mari kita cermati bersama.

 

Langkah

  1. Bukan tutup tabung master cylinder assembly.
  2. Persiapkan spons sebagai alat peresap yang mengangkat minyak rem dari dalam tabung minyak rem tersebut.
  3. Setelah cairan berhasil diangkat dari dalam tabung dengan bantuan spons, kemudian dilanjutkan dengan melakukan pembersihan lebih detail lagi. Gunakan batang obeng panjang atau bahan lainnya dan kemudian balut dengan kain untuk proses pembersihan secara lebih mendetail. Setelah bagian master atas tersebut benar-benar bersih, lanjutkan proses pembersihan ini dengan menguras minyak rem yang ada pada bagian pipa menuju ke roda.
  4. Buka ban depan kiri dan kanan. Kendurkan dan buka neple buangan oli rem yang terdapat pada master bawah. Lakukan hal ini satu per satu, bagian kanan ataupun kiri terlebih dahulu.
  5. Tuangkan minyak rem baru pada master rem atas.
  6. Kocok rem hingga minyak keluar dari neple tersebut. Hentikan pengocokan apabila warna minyak rem tersebut telah berubah menjadi bening, sama seperti kondisi minyak rem yang dituangkan.
  7. Buka ban belakang dan buka neple buangannya dan lakukan langkah nomer 5. Jika warna oli yang sudah bening, maka proses cuci darah rem ini dinyatakan sudah berhasil.

Awas Cat

Minyak rem tergolong bahan yang tidak bersahabat dengan cat, sehingga harus waspada jangan sampai cairan ini mengenai permukaan cat. Segera setelah proses pengurasan dilakukan, guyur nepel dengan air bersih. Jangan sekali-kali menyeka dengan kain atau tangan apabila cairan rem tersebut tersebut mengenai permukaan bodi. Segera guyur dengan air, dengan demikian brake fluid akan luruh bersama air dan tidak mengakibatkan cat rusak.

 

Thanks to:

Kawan Motorsport (Bengkel Bimo)

Jl. Jatimakmur no. 1 Pondok Gede Jakarta

T: 081.183.6297


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
Event | Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2016
Event | Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2016
JIP TWITTER FEED
Review Produk