KANAL 4Utilitas

JIP - Banyak mesin diesel lama atau konvensional yang dicangkok di mobil jip. Sebut saja seperti mesin Mitsubishi 4D56 (L300, Kuda, Pajero Lama), Isuzu C223 (Panther Lama 2,3 dan Trooper), 4JA1 (Panther 2,5) dan  4JB1-T (dipasang di Trooper).

Mesin-mesin diesel lama atau konvensional itu punya kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya, mudah dan murah dalam perawatan serta tidak rewel. Apalagi bisa minum solar biasa yang paling murah sekalipun seperti Bio Diesel. Namun powernya memang jauh lebih rendah dibanding diesel-diesel sekarang yang sudah mengusung teknologi common rail.

Kelebihan lain dari diesel lama paling enak diutak-atik, serta murah ongkos modifnya. Semua serba mekanis dan mudah dimodifikasi. “Seperti ketika kita mau meningkatkan power diesel lama, namun masih efisien, bisa dengan mengganti rotor head,” jelas Giok Can dari Betawi Diesel.

Rotor head adalah salah satu sistem komponen di injection pump, atau biasa disebut bospom tipe inline. Posisinya paling belakang, terbuat dari besi. http://jip.co.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_13_08_09_04_gambar%201.jpg

Beda dengan bodi injection pump yang terbuat dari aluminium.

Di dalam rotor head ada rotor yang tugasnya memompa bahan bakar yang dikirim menuju nosel

http://jip.co.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_13_08_09_04_gambar%202%20copy.jpg

“Semakin besar tekanan yang dihasilkan, makin kuat dan halus kabut bahan bakarnya,” ucap Giok Can yang sudah 30 tahun menggeluti dunia diesel.

Makin kuat dan lembut kabut solar yang dihasilkan nosel, makin mudah terbakar. Asap yang dihasilkan dari pembakaran juga makin tipis. Asalkan didukung nosel atau injector yang bagus, membuat power yang dihasilkan mesin makin besar dan efisien bahan bakar.

Menurut Giok Can, untuk memperkuat tekanan bahan bakar bisa diakali dari sistem rotor head. Rotor diganti yang lebih besar .

http://jip.co.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_13_08_09_04_gambar%203%20copy.jpg

“Tentunya harus dibarengi dengan rumah rotor atau rotor head-nya,” jelas Giok Can yang buka bengkel di tiga tempat di Jakarta itu.

Caranya, tinggal copot yang lama dan ganti dengan rotor yang lebih besar berikut rumahnya. Sebagai contoh jika menggunakan mesin Mitsubishi 4D56 milik L300, Kuda atau Pajero Lama di jip andalan. Ukuran rotor standar hanya 10 mm, kalau mau lebih bagus silakan diganti yang 11 atau 12 mm.

Berikut tabel rotor di beberapa mesin :

Ukuran 9 mm              Isuzu C223 (Panther Lama 2,3 dan Trooper), Taft, Holden Gemini, Hiace.

Ukuran 10 mm            2L (Kijang), Mitsubishi 4D56 (L300, Kuda, Pajero Lama) dan Ford Ranger, Mazda BT50.

Ukuran 11 mm            4JA1 (Panther 2,5), Elf 2,8.

Ukuran 12 mm                        4JA1 (Panther Turing), Toyota Rino dan alat-alat berat.

Nah, dari tabel itu, silakan saling subtitusi. Mesin yang ukurannya rotor head-nya kecil subtitusi dari mesin yang punya rotor head lebih besar. Ukuran rotor head juga kadang berhubungan dengan jenis ruang bakar. Mesin yang masih Indirect Injection menggunakan rotor yang lebih kecil. Sedangkan yang sudah Direct Injection pakai rotor lebih besar.

Namun rotor milik Direct Injection dipasang di Indirect Injection, biasanya lebih bagus. Seperti Daihatsu Taft yang masih menganut Indirect Injection dengan rotor 9 mm, bisa pakai rotor milik Isuzu Panther Turing 2,5 yang sudah Direct Injection atau pembakaran langsung. Rotor milik Panther 2,5 yaitu 12 mm.

Dibarengi Komponen Lain

Dalam penggantian rotor head, harus dibarengi penggantian komponen lain dalam injection pump. “Seperti cam plate, valve rotor, spring rotor dan paking,

http://jip.co.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_13_08_09_04_gambar%204%20copy.jpg

” ucap Giok Can yang kini lebih banyak di bengkel Tanjung Priok untuk melayani mesin-mesin genset dan mesin kapal laut.

Selain itu, setelah terpasang harus dilakukan kalibrasi lagi. Bagi yang tertarik mencoba mengganti rotor head set, biayanya hanya Rp 4,5 juta. Murah untuk ukuran penggantian banyak komponen. Bandingkan dengan mesin common rail yang noselnya saja mencapai Rp 4 juta.

Bagi yang berminat konsultasi teknik, silakan kontak Giok Can langsung. Dia dengan senang hati dikontak di nomer 0812-9209-146. Halooo….


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
Event | Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2016
Event | Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2016
JIP TWITTER FEED
Review Produk